KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

120 Nakhoda dan ABK Perikanan Dilatih Safety

RADIOAZAM.ID – Sebanyak 120 nakhoda dan anak buah kapal (ABK) khusus kapal perikanan, mengikuti  pelatihan Basic Safety Training (BST) yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun, di Ruang Rapat Gedung Gunung Papan Komplek Perkantoran Pemkab Karimun, Selasa (21/1),

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dalam membuka pelatihan tersebut mengatakan, pemerintah Kabupaten Karimun terus berupaya mengembangkan berbagai sektor yang mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Dikatakan Anwar, Sektor Sumber Daya Alam (SDA) saat ini sudah berangsur hampir habis, maka dari itu pemerintah daerah mencari alternatif lain, dalam artian yang bisa menjadi andalan dan mampu dikembangkan masyarakat. Sehingga efeknya mampu meningkatkan perekonomian.

“Mulai dari bidang pariwisata, pertanian dan hari ini kita berupaya memaksimalkan sektor perikanan, yang dialwali dengan pelatihan,” ujar Anwar.

Pemerintah daerah lanjut Anwar, akan selalu mendukung setiap kegiatan yang diselenggarakan dalam hal peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Karimun.

“Melalui pelatihan ini kita sama-sama berharap agar kualitas para nelayan Kabupaten Karimun lebih baik lagi. Hendaknya ikutilah pelatihan ini sebaik mungkin, semoga bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DKP Kabupaten Karimun, Ahmadi menjelaskan, kegiatan tersebut digelar selama tiga hari, yang diikuti sebanyak 120 orang dari nakhoda dan ABK kapal ikan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para nelayan dalam hal ini nakhoda maupun ABK, agar saat melaut dapat lebih hati-hati dan memperhatikan safety,” kata Ahmadi.

Kegiatan itu digelar bekerjasama dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Medan.

“Peserta yang lulus akan diberikan sertifikat pelayaran,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close