KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

24 UMKM Terima Sertifikat Halal Dari Kanwil Kanmenag, Lebih Dari 12.000 UMKM di Karimun Diusulkan Dapat Bantuan Dari Pusat

RADIOAZAM.ID – Sebanyak 24 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Karimun menerima sertifikat halal, dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI, melalui Kanwil Kanmenag Provinsi Kepri, Jumat (18/6) di Gedung Nasional.

Kakanwil Kemenag Kepri, Mahbub Daryanto mengatakan, tujuan dari sertifikat halal tersebut bagi para pelaku UMKM adalah, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga mampu bersaing.

“Hingga saat ini, sudah ada 404 pelaku UMKM di Provinsi Kepri, yang telah mendapatkan sertifikat halal dari BPJPH. Kita menargetkan tahun ini ada 500 UMKM yang akan di fasilitasi, untuk mendepatkan sertifikat produk halal,” kata Mahbup.

Kemudian lanjut Mahbup, saat ini masih ada 157 UMKM yang ditunggu sertifikat halalnya terbit. Dengan harapan setelah mendapatkan sertifikat halal, maka para pelaku UMKM dapat lebih meningkatkan pendapatannya, serta menambah produksi yang kemudian dapat bersaing dengan pasar global, bahkan sampai pasar negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, saat ini tercatat lebih dari 12.000 UMKM di Kabupaten Karimun. 3.956 diantaranya telah mendapatkan bantuan stimulus dari pemerintah, sebesar Rp1.200.000.

“Disamping itu kami juga mengusulkan sebanyak 2.715 pelaku UMKM untuk kembali mendapatkan bantuan, dan sampai saat ini masih berproses. Selebihnya masih menyelesaikan administrasi dan akan kembali diusulkan kepada pemerintah pusat melalui kementerian untuk mendapatkan bantuan UMKM,” kata Rafiq.

Kegiatan penyerahan sertifikat halal tersebut, disejalankan denghan penyerahan santunan Kematian BPJS Ketenagakerjaan bagi pelaku UMKM. Hadir dalam kesempatan itu perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM RI dan perbankan.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close