Breaking News

240 Siswa SDIT Darul Mukmin Dilatih Baris Berbaris Oleh Tentara

0 0

RADIOAZAM.COM – Para siswa kelas IV, V dan VI Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Mukmin diajarkan latihan dasar keterampilan baris berbaris, oleh empat orang personil dari Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun, Kamis (22/8) di halaman SDIT Darul Mukmin.

Total keseluruhan siswa yang ikut dalam latihan dasar keterampilan baris berbaris sebanyak 240 orang. Dengan rincian kelas IV 79 siswa, kelas V 82 siswa dan kelas VI 79 siswa.

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembinaan Karakter Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Muhammad Triono, dalam membuka latihan tersebut mengatakan, latihan dasar keterampilan baris berbaris sebagai salah satu upaya pembentukan karakter dan budi perkerti yang lebih baik lagi.

“Tentunya melalui kegiatan-kegiatan seperti ini sangat cocok sekali, untuk meningkatkan kedisiplinan anak-anak. Karena memangs aat ini kita memerlukan pendidikan karakter atau budi pekerti. Dengan harapan agar para siswa siswi mempunyai benteng, untuk menyongsong masa depan. Baik itu untuk diri sendiri maupun untuk bangsa dan negara kita,” katanya.

Dia juga berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan oleh seluruh sekolah di Kabupaten Karimun. Sehingga terbentuknya karakter dan kepribadian siswa melalui kedisiplinan baris berbaris. Sehingga membentuk kepribadian yang disiplin, jujur dan dan menimbulkan rasa hormat kepada orang tua.

Sementara, salah seorang instruktur latihan keterampilan baris berbaris siswa SDIT Darul Mukmin, Serka Hasan Pohan mengatakan, persiapan yang perlu dilakukan oleh setiap orang sebelum melakukan baris berbaris adalah, melatih kedisiplinan.

Latihan dasar keterampilan baris berbaris di SDIT Darul Mukmin, Kamis (22/8)

“Semangat mereka ini memang sangat kuat, tapi masih sering main-main atau bercanda dengan teman-temannya. Jadi itu yang kita ajarkan untuk disiplinan dan kerapihan, biar serius,” jelas pria yang menjabat sebagai Bintara Tinggi Administrasi Personil Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun ini.

Dikatakan Hasan, materi yang diajakan antara lain, latihan dasar peraturan baris berbaris, peraturan upacara pengibaran bendera, yang nantinya akan dijelaskan ketika terdapat kekurangan agar sama-sama memperbaiki.

“Kalau ada yang kurang biar sama-sama belajar, agar sama-sama diperbaiki. Kalau untuk evaluasi baru akan dilakukan pada saat penutupan pada hari terakhir nanti,” katanya.

Kepala SDIT Darul Mukmin, Alfitriadi menambahkan, kegiatan itu digelar sebagaimana surat edaran dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia.

“Sebetulnya kami mau melaksanakan pelatihan dasar baris berbaris ini sebelum HUT RI ke 74 atau sebelum 17 Agustus, tapi Kodim 0317 sedang sibuk mempersiapkan peringatan detik-detik proklamasi. Sehingga diundur dan baru dapat digelar hari ini. Tujuan dari pelatihan ini agar kemampuan anak-anak kami lebih meningkat lagi dalam hal baris berbaris,” kata Alfitriadi.

Pelatihan dasar baris berbaris itu akan berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada hari Sabtu besok (24/8). Dengan dilatih oleh empat orang personil dari Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun, diantaranya Letnan Satu Kavaleri Tatang Rohimat, Serka Muhammad Hasan Abdul Pohan, Serka Mardiansa dan Sersan Satu Frans Manungkalit. Turut hadir Direktur SDM Yayasan Darul Mukmin, para guru SDIT Darul Mukmin dan seluruh siswa siswi SDIT Darul Mukmin.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *