KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

299 Pengajuan Paspor Ditolak Oleh Imigrasi Karimun, Diduga Sebagai TKI Non Prosedural

RADIOAZAM.ID – Sebanyak 299 pengajuan penerbitan paspor telah ditolak oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, penolakan itu disinyalir sebagai adanya Tenaga Kerja Indonesia Non Prosedural (TKINP).

Kepala Kantor Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah mengatakan, penolakan penerbitan paspor bertujuan untuk menekan angka TKI illegal, yang bekerja diluar negeri dengan tidak resmi.

“Dampaknya sangat besatr, salah satunya terhadap keselamatan para TKI illegal itu sendiri. Terkait 229 permohonan pembuatan paspor yang telah kita tolak, jumlah tersebut terjadi penurunan jika dibanding tahun lalu, yang angkanya mencapai 352 permohonan,” jelas Darmunansyah saat menggelar ekspose kinerja akhir tahun 2019, di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Senin (30/12).

Selain penolakan pembuatan paspor yang diduga TKI illegal, Darmunansyah juga mengaku telah menolak keberangkatan terhadap TKI Non Prosedural, yang dilakukan pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Internasional Karimun, yang jumlahnya ada enam orang.

Angka penolakan keberangkatan dugaan TKI illegal di TPI Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun terbilang menurun jika dibanding tahun 2018 lalu, yang mencapai 14 orang.

“Penundaan penerbitan paspor kami lakukan karena dicurigai akan bekerja secara illegal keluar negeri. Ketika kita wawancarai dalam proses pembuatan, mereka tidak dapat menunjukkan rekomendasi dari pemerintah atau instansi terkait, sehingga dicurigai dan dikategorikan akan bekerja di luar negeri, terpaksa ditangguhkan atau ditolak (penerbitan paspornya),” katanya.

Disebutkan Darmunansyah, tidak jarang warga dari luar daerah mencoba berangkat ke luar negeri, seperti ke Malaysia dan Singapura dengan memanfaatkan jalur Karimun sebagai tempat transif, untuk menjadi TKI illegal.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close