KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

3 Orang Paskibra Provinsi Kepri Asal SMA Negeri 1 Kundur Dapat Penghargaan Dari Fraksi PKB DPRD Karimun

Mengaku Bangga Baru Pertama Kali Dikunjungi DPRD Meski Segudang Prestasi Telah Diukir

RADIOAZAM.ID – Tiga orang siswa SMA Negeri 1 Kundur yang menjadi Pasukan Kibar Bendera (Paskibra) di Provinsi Kepri, mendapat penghargaan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun, Sabtu (4/9).

Ketiga siswa yang dipercaya menjadi Paskibra Provinsi Kepri, pada HUT RI ke 76 di Tanjungpinang antara lain, Fauzan Fadli Romadon, Abdullah Hasyim dan Tessalonika. Mereka mendapatkan piagam dan uang pembinaan dari tiga anggota DPRD, yang menyambangi sekolah tempat siswa tersebut mengenyam pendidikan.

Adapun para anggota DPRD Kabupaten Karimun dari Fraksi PKB, yang mendatangi SMA Negeri 1 Kundur untuk memberikan penghargaan diantaranya, Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani yang juga sebagai Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Karimun dari Dapil IV (Meral, Meral Barat dan Tebing), kemudian Sekretaris Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun, Fakhrurrazi dari Dapil III (Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Ungar dan Belat) yang juga merupakan alumni SMA Negeri 1 Kundur, serta Bendahara Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun, Charli Donna dapil I (Karimun – Buru).

Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi dari DPRD Kabupaten Karimun khususnya Fraksi PKB.

Sejatinya kata Nyimas Novi, penghargaan itu akan diberikan pada saat seluruh anggota Paskibra asal Kabupaten Karimun pulang dari Tanjungpinang, namun karena sesuatu hal sehingga baru dapat diberikan pada awal September.

“Penghargaan ini sangat penting bagi Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun, karena sekecil apapun yang mereka lakukan hari ini, merupakan suatu prestasi sangat luar baisa yang bisa dijadikan motivasi untuk yang lain,” ujar Nyimas Novi.

Dengan kata lain, dalam hal ini Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun menginginkan agar jangan sampai anak-anak merasa serius sendiri, tanpa ada perhatian dari pemerintah.

“Hadirnya kami Fraksi PKB adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak generasi penerus bangsa, dengan harapan agar dapat melanjutkan ke prestasi yang gemilang lagi. Mungkin saat ini yang baru kita apresiasi adalah dari Paskibra. Mudah-mudahan besok ada lagi anak-anak kita yang berpestasi dibidang apapun, mewakili Kabupaten Karimun ditingkat Provinsi maupun tingkat nasional, juga patut diapresiasi,” katanya.

Nyimas Novi menjelaskan, ketika penghargaan diberikan, maka anak-anak akan merasa dihargai dan diperhatikan.

Mengenai usulan dari sekolah, tentunya harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah. Kendati SMA secara keseluruhan merupakan ranah dari Provinsi. Namun tidak ada salahnya bersama-sama untuk memperhatikan, apa yang menjadi harapan dan keluhan dari pihak sekolah.

“Sebagai fungsi pengawasan yang kita lakukan di Kabupaten Karimun, maka dalam hal ini mereka sangat membutuhkan perhatian serius dari pemerintah. Seperti contoh Purna Paskibraka Indonesia (PPI), mereka mau menjaring anak-anak generasi penerus, dan pada saat dibutuhkan kita sudah harus siap. Tapi saat ini kan yang dilakukan adalah situasional, sehingga dirasa tentu kurang optimal, karena proses seleksi dan latihan tidak secara gamblang,” katanya.

Oleh karena itu, Nyimas Novi mengaku peran pemerintah baik di Provinsi maupun Kabupaten Karimun sendiri, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga harus peka dalam menyikapi hal tersebut.

“Seperti contoh di Kota Batam dan Kota Tanjungpinang, mereka selalu sudah siap dan menjadi langganan perwakilan untuk ke tingkat nasional, setelah hadir pada tingkat nasional, maka sudah saatnya pemerintah juga harus hadir mendampingi, karena mereka adalah anak-anak pilihan,” terang Nyimas Novi.

Oleh karena itu, para siswa siswi yang telah mengharumkan nama Kabupaten Karimun, tentu menjadi prioritas untuk dibantu dalam hal rencana kelanjutan pendidikannya. Seperti misalnya, jika ingin mendaftarkan diri sebagai Polwan, atau berminat masuk TNI AD, TNI AL atapun juga sekolah kedinasan dan lainnya.

“Karena anak-anak pilihan ini notabene sudah mumpuni untuk siap pakai, dari sisi kedisiplinan dan keterampilannya. Ada nilai tambah selain dari sisi akademiknya yang harus jadi prioritas,” ujar Nyimas Novi.

Sementara itu, Humas SMA Negeri 1 Kundur, Syafrizal mewakili Kepala Sekolah, Abdul Latif mengatakan, sekolah tempatnya mendidik siswa tersebut sangat bangga ketika mendapat kunjungan dari anggota DPRD Kabupaten Karimun khususnya Fraksi PKB.

“Memang belum pernah ada kunjungan dan penghargaan dari DPRD, kalau apresiasi dari anggota dewan ya baru ini. Untuk itu kami dari pihak SMA Negeri 1 Kundur mengucapkan terimakasih kepada Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun,” ucap Syafrizal.

Kunjungan dari wakil rakyat tersebut menurutnya, tentu bisa dijadikan sebagai motivasi kedepan bagi anak didiknya, sehingga diharapkan bisa menoreh prestasi lebih baik lagi.

Dikatakannya, perhataian serius dari pemerintah daerah tentunya sangat diperlukan. Karena selama ini pelatihan untuk mempersiapkan generasi penerus khususnya Paskirba, dilakukan jauh-jauh hari dari seorang pelatih bernama Andika, yang anggarannya masih dikeluarkan oleh pihak sekolah, menggunakan dana ekstrakurikuler.

SMA Negeri 1 Kundur menurut Syafrizal, telah banyak mencetak prestasi dari semua tingkatan, mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai tingkat Nasional, berkat tangan dingin dari seorang pelatih khusus di sekolah tersebut.

Dalam kunjungan tiga anggota DPRD Kabupaten Karimun itu juga, disejalankan dengan penyerapan aspirasi terhadap sekolah favorit tersebut. Sehingga beberapa harapan dan kendala yang dialami agar dapat menjadi catatan dari Fraksi PKB khususnya, untuk dapat menjadi perhatian serius.

“Kita memang minta kepada legislatif agar bisa memfasilitasi. Sehingga begitu anak-anak ini tamat, bisa meneruskan apa yang menjadi cita-cita mereka. Untuk itu, apa yang disampaikan dalam uslan tadi, kami harap bisa direalisasikan, artinya ada tindaklanjutnya dan tidak sebatas pertemuan saja,” harapnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close