KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

3120 Peserta Seleksi CPNS di Karimun Ikuti Tes Mulai Selasa Pagi, Ruang Ujian Disegel

RADIOAZAM.ID – Sebanyak 3120 peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan mulai mengikuti tes pada Selasa pagi (25/2), di Gedung Nilamsari Kantor Bupati.

Menjelang pelaksanaannya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun melakukan sterilisasi pada lokasi tes CPNS. Sterilisasi dilakukan dalam bentuk menyegel pintu masuk ruangan ujian, sehingga baru bisa dibuka pada hari pelaksanaan ujian, tepatnya Selasa pagi (25/2) sekira pukul 06.30 WIB.

“Setelah melakukan uji coba seluruh perangkat yang dijadikan fasilitas ujian bagi para peserta tes CPNS, siang ini kami menyegel pintu dan baru akan dibuka besok pagi, oleh Sekda Karimun, M Firmansyah, bersama Kepala BPKSDM Sudarmadi, pihak BKN dan beberapa unsur lainnya,” kata Kabag Mutasi, Pengadaan dan Informasi BKPSDM Kabupaten Karimun, Rahmadi saat ditemui usai mengecek seluruh persiapan di Gedung Nilamsari Kantor Bupati, Senin (24/2).

Pelaksanaan ujian tes CPNS itu akan digelar selama empat hari atau berlangsung hingga Jumat besok (28/2), dengan materi yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang akan diikuti sebanyak 3120 peserta. Dengan menggunakan 210 perangkat laptop. Sehingga akan digelar dengan cara bergiliran, setiap sesi diikuti sebanyak 200 peserta dan 10 perangkat lagi sebagia cadangan jika ada perangkat yang gangguan.

Setiap sesi atau 200 peserta akan diberikan waktu 90 menit atau satu jam setengah. Sesi pertama dimulai pada pukul 08.00 WIB, dan berakhir pada pukul 09.30 WIB, sesi kedua dimulai pukl 10.00 WIB dan berakhir pada 11.30 WIB, berikutnya pukul 12.00 WIB dan berakhir pukul 13.30 WIB, dilanjutkan sesi keempat pukul 14.00 WIB yang akan berakhir pukul 15.30 WIB, sesi terakhir pukul 16.00 WIB dan berakhir pukul 17.30 WIB.

“Dalam satu hari akan diikuti 1000 peserta, sehingga dalam tiga hari ada 3000 orang yang ikut tes. Lalu hari keempatnya tersisa 120 orang, yang akan mengikuti tes dihari terakhir pada Jumat pagi (28/2),” ungkap Rahmadi.

Rahmadi menjelaskan, persiapan pelaksanaan sudah mencapai 95 persen. Semua kebutuhan telah di kontrol. Mulai dari antisipasi jaringan listrik sudah dilakukan kerjasama dengan pihak PLN, sehingga disiagakan satu unit mesin genset berkapasitas 350 KVA. Sedangkan jaringan internet disediakan kapasitas 10 MBPS. Yang dinilai cukup digunakan untuk 200 perangkat.

“Jaringan internet 10 MB itu sudah luar biasa, kan hanya menarik server. Dalam arti bahwa kata laptop tidak digunakan untuk internet. Kalau untuk CAT sudah kita tes tadi malam, alhamdulillah sudah beres dan sudah uiji coba lagi tadi pagi, hasilnya tidak ada kendala. Seluruh persiapan kalau boleh dikatakan ya hampir 100 persen,” ucapnya optimis.

Para peserta akan mengisi sebanyak 100 soal ujian, dengan waktu 90 penit. Selesai atau tidak dalam mengisi jawaban pada waktu yang disediakan, seluruh peserta sudah harus meninggalkan ruangan pada waktu yang telah ditentukan. Seluruh peserta setiap sesi sudah harus masuk ruangan ujian paling lambat lima menit menjelang dimulainya pengerjaan soal, karena server sudah terkunci.

Panitia pelaksana lanjut Rahmadi, menyediakan tempat untuk melihat langsung hasil seleksi, yang berlokasi di parkiran samping kanan Gedung Nilamsari.

“Peserta bisa melihat langsung hasilnya saat keluar dari ruang ujian. Kalau presentasi perangkingan akan bisa kita lihat langsung nanti. Misalnya A menjawab soal dengan benar, dia akan naik passing gradenya, ada yang lain lagi menjawab di soal berikutnya juga akan naik, dia akan fluktuatif atau berubah terus. Dan ini bisa
kita lihat di life score yang sudah sediakan. Angkanya akan berubah terus sampai semua peserta selesai mengikuti tes,” kata Rahmadi lagi.

Dalam pelaksanaan tes CPNS yang digelar Pemkab Karimun, akan dilakukan pengamanan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dengan dibantu oleh Dinas Perhubungan dan aparat kepolisian.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close