KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

36 Panwascam di 12 Kecamatan se Karimun Dilantik

RADIOAZAM.ID – 36 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun, Nurhidayat, di Hotel Aston Karimun, Senin (23/12).

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat mengatakan, masing-masing di 12 Kecamatan terdiri dari tiga orang Panwascam. Yang masa kerjanya selama sembilan bulan terhitung sejak dilantik.

“Jumlah total yang mendaftar jadi Panwascam ada 156 orang. Alhamdulillah tahun ini masyarakat Kabupaten Karimun antusias untuk mendaftar menajdi penyelenggara pemilu,” kata Nurhidayat.

Mereka yang mendaftar berasal dari berbagai latar belakang profesi, ada pula yang incumbent saat Pemilu serentak, dan kini kembali mendaftar, ada yang berasal dari unsur Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam hal ini Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan ada pula dari kalangan biasa.

“Saya coba memberikan peluang untuk teman-teman yang baru, walalupun mereka bukan dari kalangan penyelenggara pemilu, namun punya basic yang mirip dengan tugas di pengawas. Jadi saat seleksi kita prirotiaskan di integritasnya, dengan medote penilaian berjenjang,” terangnya.

Setelah dilantik, maka dalam waktu dekat ke 36 Panwascam tersebut akan dilakukan peningkatan SDM, dengan mengikuti bimbingan teknis. Kemudian mempersiapkan rekrutmen jajaran Pengawas Petugas Lapangan (PPL) di setiap Kelurahan dan Desa.

Nurhidayat juga menjelaskan, Panwascam diminta fokus dalam mengawasi pemilih dan calon perseorangan atau calon independen, yang sampai saat ini belum disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun.

Sementara, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim yang turut hadir dalam pelantikan itu mengharapkan, agar para Panwascam dapat melaksanakan tugas atau amanah yang telah diberikan dengan baik.

“Kita harapkan Panwascam ini berperan di masing-masing Kecamatan, untuk menciptakan situasi kondisi dari pelaksanaan Pilkada serentak agar berjalan dengan lancar dan aman, sesuai dengan harapan seluruh masyarakt Kabupaten Karimun,” harapnya.

Anwar juga menitipkan agar setiap persoalan kecil dapat dikoorodinasikan bersama Bawaslu Kabupaten Karimun. Dengan mencarikan solusi yang tepat dan tidak mengembangkan segala persoalan yang muncul agar tidak membesar.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close