KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

6 Hari BBM Jenis Pertalite dan Bio Solar di SPBU Jalan Poros Masih Kosong, Pertamax Ikutan Habis

Akibat Kerusakan Kapal Pengangkut

RADIOAZAM.ID – Enam hari lamanya kelangkaan minyak jenis Pertalite dan Bio Solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalan Poros, kini BBM jenis Pertamax pun ikutan habis per Selasa siang (18/1/2022).

Penyebab kosongnya semua jenis BBM pada SPBU yang dikelola oleh Perusahaan Daerah (Perusda), karena terjadi kerusakan pada sarana angkut kapal tugboat. Sehingga terpaksa mencari kapal pengganti agar tongkang bisa diberangkatkan menuju Karimun.

“Bukan unsur kesengajaan, memang terjadi kerusakan pada kapal tugboat,” ujar Dirut Perusda, Devanan Syam kepada awak media, Selasa (16/1/2022) di kawasan Coastal Area.

Saat ini menurut Devanan, kapal pengganti sudah didapat sehingga sudah diberangkatkan dan sedang dalam perjalanan menuju Karimun.

“Insyaallah malam ini sudah sampai di Karimun, dan besok pagi, Rabu (19/1/2022) sudah bisa bongkar sehingga pasokan BBM semua jenis pada SPBU milik Perusda sudah tersedia,” kata Devanan lagi.

Atas kondisi itu, Devanan menghimbau kepada masyarakat agar tidak termakan informasi hoax yang beredar. Kondisi yang terjadi saat ini menurut Devanan juga tentu mengakibatkan kerugian.

“Mana ada perusahaan yang mau rugi berbisnis, tapi ini kan murni kendala yang tidak disengaja dan menimbulkan kerugian. Dalam artian, pemasukan bagi kami selama enam hari ini tentu tidak ada dengan kosongnya pasokan BBM, belum lagi karyawan yang masuk tapi tidak ada kerjaan, itu pun suatu hal yang merugikan perusahaan. Mudah-mudahan besok sudah bisa normal kembali,” ungkap Devanan.

Dijelaskan Devanan, pembelian BBM dilakukan setiap seminggu sekali atau empat kali dalam sebulan. Adapun kuota pembelian untuk jenis Pertalite sebanyak 260 Kilo Liter (KL), Pertamax 30 KL, solar yang sebelumnya 50 KL ditambah menjadi 70 KL dan solar non subsidi 10 KL.

“Sekarang konsumsi terbesar masih pertalite, karena minyak ini kan pengganti premium sebelum ditiadakan,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close