KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

6 Juara Lomba Cipta Karya Baca Puisi Yayasan Darul Mukmin Adu Karya Terbaik

RADIOAZAM.ID – Sebanyak enam orang berhasil menjadi juara terbaik, dalam Lomba Cipta Karya Baca Puisi yang digelar Yayasan Darul Mukmin. Sehingga mendaptkan hadiah yang telah diserahkan Senin pagi (9/11) Gaha Azam Yayasan Darul Mukmin.

Enam peserta terbaik antara lain, untuk kategori usia 6 sampai 12 tahun, juara I diraih Winroland Gempita Alam dari SDN 013 Karimun, juara II diarih Fairuz Fatihah Sari dari SDIT Cendikia, juara III diraih Ghaitsa Salma Khairania dari SDN 001 Karimun, dan juara favorit diraih oleh Raditya PRatama Putra dari SDIT Cendikia.

Sementara untuk pemenang kategori usia 12 sampai 18 tahujn, juara I diraih oleh Amanda Gita Safitri dari SMPN 2 Tebing, juara II diraih oleh Astuti dari Kampus UMRAH asal Kecamatan Moro, juara III diraih oleh Berlin Ramadha Pratama dari SMPN 2 Tebing, dan juara favorit diraih oleh Sharafina Mardhotillah Parciagla dari SMPN 1 Tebing.

Manager SDM, Pendidikan dan Pengembangan Al-Quran Yayasan Darul Mukmin, Noorfamayani mengatakan, para dewan juri yang terdiri dari pihak Yayasan Darul Mukmin, serta dari Sanggar Kibar Budaya dalam hal ini dihadiri oleh Adjie, sempat dibuat kebingungan dalam menentukan juara, namun berdasarkan penilaian secara objektif dan sesuai dengan karaya puisi dari masing-masing peserta, akhirnya diputuskan para juara atau peserta terbaik yang dinilai layak.

“Alhamdulillah kami baru saja menyerahkan hadiah untuk para juara, insyaallah Lomba Cipta Karya Baca Puisi sempena HUT Kabupaten Karimun ini, akan kami laksanakan secara rutin tiap tahunnya. Baik itu secara online ataupun secara tatap muka jika kondisi pandemi Covid-19 sudah kembali normal,” kata Fama.

Dikatakannya, pesan yang ingin disampaikan dalam Lomba Cipta Karya Baca Puisi itu adalah, bagaimana memahami dengan baik tentang Kabupaten Karimun, apa lagi agenda lomba tersebut tepat di hari ualng tahun (HUT) bumi berazam, termasuk juga agar mampu memahami budaya-budaya yang ada di Kabupaten Karimun.

“Sehingga mereka bisa menuangkan didalam bentuk puisi, menjadi sebuah karya yang indah dan enak didengar masyarakat di Kabupaten Karimun,” ujarnya.

Disamping itu pula, saat ini seluruh unit pendidikan dibawah naungan Yayasan Darul Mukmin tengah melaksanakan Pendaftara Peserta Didik Baru (PPDB), sehingga hal itu hendaknya menjadi salah satu nilai atau daya tarik untuk masyarakat, bahwasanya ada Darul Mukmin yang konsen terhadap nilai-nilai Islam.

“Istilahnya ada gaungnya dan ada sesuatu yang dilakukan pada momen HUT Kabupaten Karimun. Apa lagi masih pandemi Covid-19 ini, kami ingin membangkitkan semangat para anak-anak kita, untuk tetap berkreasi melalui kegiatan yang digelar oleh Yayasan Darul Mukmin bersempena hari jadi bumi berazam,” tambah Noorfamayani.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang sangat antusias, sehingga terdapat 42 peserta yang mengikuti lomba tersebut dengan mengirimkan video pembacaan pusi karaya mereka sendiri. Namun hanya enam peserta terbaik yang terpilih, termasuk satu peserta favodit untuk setiap kategori.

“Harapan kami agar kedepan ada wadah untuk anak-anak kita serta para pemuda, agar bisa menuangkan dan berekspresi dalam menggali potensi diri,” harapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Yayasan Darul Mukmin mengajak para pelajar di Kabupaten Karimun untuk tetap berkreasi ditengah pandemi covid 19. Dengan mengikuti lomba cipta karya baca puisi, yang berlangsung selama satu minggu secara virtual.

Direktur Yayasan Darul Mukmin, M Rasyid Nur mengatakan, lomba yang digelar bertujuan mengajak para pelajar di Kabupaten Karimun untuk tetap berkarya, meski kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid 19. Sehingga momen tersebut juga disejalankan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karimun ke 21 tahun.

“Tidak ada alasan anak-anak kita tidak kreatif hanya karena pandemi covid 19. Maka dari itu kami Yayasan
Darul Mukmin mengajak kepada para orang tua, para guru dan semuanya untuk mendorong putra putri dan anak didiknya, untuk ikut serta dalam lomba cipta karya baca puisi, yang bersempena dengan HUT Kabupaten Karimun ke 21 tahun,” kata Rasyid, Senin (12/10).

Dijelaskan Rasyid, sebagaimana informasi yang disampaikan panitia, bahwa peserta tidak dibatasai dan diperuntukkan bagi para pelajar se Kabupaten Karimun. Dengan kategori usia 6 sampai 12 tahun dan 12 sampai 18 tahun.

“Lomba cipta karya baca puisi ini sangat cocok untuk diikuti oleh putra putri kita, karena tahun ini peringatan HUT Kabupaten Karimun sangat disederhanakan, maka Yayasan Darul Mukmin mencoba menyemarakkannya dengan menggelar lomba secara virtual,” kata Rasyid.

Disamping itu, dia berharap agar agar anak-anak mencintai seni, khususnya baca puisi. Mereka bisa mengapresiasi puisi dengan baik, dan bisa berkembang.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close