KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

70 Siswa Siswi Kelas VI SDIT Darul Mukmin Ikuti Khataman Al-Quran, Dikukuhkan Jadi Alumni

RADIOAZAM.ID – 70 Orang siswa siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Mukmin mengikuti khataman Al Quran, disejalankan dengan pengukuhan alumi SDIT Darul Mukmin kelas VI angkatan 10, di Aula Darunnadwah Masjid Agung Kabupaten Karimun, Sabtu (14/5/2022).

Direktur Yayasan Darul Mukmin, M Rasyid Nur mengatakan, jika di sekolah lain lebih familiar dengan sebutan acara perpisahan, namun berbeda dengan SDIT Darul Mukmin, siswa siswi yang tamat tetap menjadi bagian dari keluarga Darul Mukmin.

“Makanya nama kekgiatannya pengukuhan, mereka hanya beranjak tempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP. Kalau di Darul Mukmin sudah ada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT), sehingga anak-anak yang lulus SDIT tinggal melanjutkan kesana. Makanya anak-anak kita ini dikukuhkan sebagai alumni. Inilah pentingnya istilah yang kita pakai, jadi tidak menggunakan kata perpisahan, silahkan saja pakai istilah lain, karena setiap kata punya makna,” ujar Rasyid.

Dalam kesempatan itu Rasyid juga menyampaikan beberapa pesan dari Pembina Yayasan Darul Mukmin, Muhammad Hasbi yang tidak sempat hadir ke Karimun, dalam kegiatan tersebut. Diantaranya adalah, Yayasan Darul Mukmin didirikan oleh owner dengan maksud, untuk dapat menyiapkan lembaga pendidikan yang terbaik, agar menghasilkan generasi-generasi terbaik.

“Sebagaimana tema dari kegiatan ini tentang Menyiapkan Generasi Qurani Pembangun Peradaban di Nusantsara. Tema ini maknanya tidak hanya pada level nasional tapi nusantara, cakupannya lebih luas lagi bukan saja Indonesia. Maka dari itu kita perlu mempesiapan diri dalam segala bidang, mulai dari sarana yang memang saat ini kita sudah memiliki hal itu, gedung yang kondisinya terbaik saat ini. Termasuk juga punya SDM yang bisa saya pastikan semuanya terbaik serta berkualitas, muda, kreatif dan energik. Para guru di Darul Mukmin memiliki tenaga yang lebih besar, sehingga kepada merekalah kita berharap agar seluruh Sekolah Islam Terpadu (SIT) Yayasan Darul Mukmin dapat terkelola dengan baik,” terang Rasyid.

Pesan selanjutnya kata dia, diperlukan dukungan dari semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, orang tua dan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah dipastikan sudah memberikan dukungan yang sangat baik, sehingga Yayasan Darul Mukmin kita dapat menyukseskan program pemerintah. Sekolah dibawah Yayasan Darul Mukmin saat ini selain menerapkan kurikulum dengan delapan standar pendidikan nasional, juga saat ini melengkapinya dengan lima standar lagi di SIT.

“Bahkan saat ini Darul Mukmin bekerjasama dengan satu lembaga bernama Wafa, yang mengajarkan cara mengajar Al-Quran dengan baik dan benar. Ini semua kita lakukan agar anak-anak kita kedepan minimal memiliki tiga indikator, yakni berakhlaq, cerdas dan mandiri,” terangnya.

Kinerja seluruh SDM yang dimiliki Yayasan Darul Mukmin diakui Rasyid, punya rasa keikhlasan dan integritas yang sangat tinggi.

Foto bersama usai khataman dan pengukuhan alumni SDIT Darul Mukmin, di Aula Darunnadwah Masjid Agung Kabupaten Karimun, Sabtu (14/5/2022)

“Selama Covid-19 dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, biaya pendidikan dari para orang tua ikut terdampak sehingga banyak yang menunda pembayaran. Kondisi ini juga berdampak pada pembayaran gaji karyawan yang memang bertumpu pada uang sekolah yang dibayarkan. Sehingga setiap bulannya jarang dibayarkan full atau dilakukan secara bertahap. Hal ini tidak pernah didengar adanya karyawan yang menundurkan diri gara-gara gaji yang belum full, sebagai bukti memang keikhlasan karyawan Yayasan Darul Mukmin betul-betul diuji dan tidak perlu diragukan lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SDIT Darul Mukmin, Okti Satriyani mengatakan, tidak terasa para siswa kelas VI SDIT Darul Mukmin telah menuntaskan pendidikannya, dan mengikuti khataman Al-Quran serta mengukuti pengukuhan alumni.

“Ini merupakan agenda khataman dan pengukuhan alumni yang perdana dilakukan secara offline, setelah sebelumnya ditahun-tahun lalu kita melakukan secara online. Alhamdulillah kita dipermudahkan dalam melakukan khataman dan pengukuhan ini,” ungkap Okti.

Dia juga mengaku, tidak terasa sudah tuntas enam tahun para anak didiknya yang duduk dikelas VI SDIT Darul Mukmin, dan akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

“Rasanya baru saja ada yang nangis, ada yang minta ditungguin sama ayah bunda diluar saat baru masuk sekolah. Hingga sekarang sudah enam tahun berlangsung dan sebentar lagi mereka ini akan melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Oleh karena itu kami para guru berharap, agar ananda bisa mencapai apa yang di cita- citakan,” cerita Okti.

Okti juga mengucapkan terimakasih kepada para orang tua wali murid, yang telah mempercayakan kepada SDIT Darul Mukmin untuk mendidik para buah hati mereka.

“Mohon doa dan dkungan dari semua pihak serta yayasan, semoga kami para guru SDIT Darul Mukmin tetap semanga dalam menciptakan generasi yang Qurani. Generasi yang 10 atau 15 tahun kedepan akan menjadi pemimpin baik di Karimun maupun ditingkat nasional,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penampilan-penampilan para siswa siswi SDIT Darul Mukmin. Turut hadir Manager SDM, Kependidikan dan Pengembangan Al-Quran Yayasan Darul Mukmin, Noor Famayani, serta beberapa pengurus yayasan lainnya, perwakilan unit-unit di Yayasan Darul Mukmin, Anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Karimun, Raja Bahtiar, serta para orang tua wali murid.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close