KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

8 Hektare Lahan Warga Terbakar di Kundur Barat, Tim Damkar PT Timah Bantu Padamkan Api

RADIOAZAM.ID – Seluas delapan hektare lebih lahan milik masyarakat terbakar di Dusun IV Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, sejak Sabtu kemarin (5/2/2022) api masih terus berkobar sampai Minggu (6/2/2022).

Masyarakat hanya menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api, namun usaha yang dilakukan belum membuahkan hasil dan api masih terus berkobar, hingga meluas sampai delapan hektare lebih lahan yang terbakar.

Beruntung dalam kebakaran tersebut mendapat perhatian dari PT Timah Tbk, sehingga menerjunkan tim pemadam kebakaran mereka berupa satu unit mobil pemadam, menuju lokasi lahan yang terbakar untuk memadamkan api.

Kepala Dusun IV Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, Iskandar mengatakan, belum diketahui sumber api dari mana, namun memasuki musim kemaran memang kerap terjadi kebakaran yang sulit dikendalikan.

“Kami belum tahu apa penyebab kebakaran ini, bisa saja karena memang musim kemarau sehingga banyak rumput kering. Kemudian karena struktur tanahnya jenis tanah gambur, sehingga sangat mudah terbakar dan sulit dipadamkan jika hanya menggunakan peralatan sederahan seperti ember,” kata Iskandar.

Karena kondisi saat ini musim panas atau kemarau, sehingga sudah empat hari dia bersama beberapa warga berjaga-jaga di kebun, untuk terjadi kebakaran.

Namun menurut Iskandar, peralatan yang dimiliki hanya seadanya dan sederhana, sehingga ketiak suatu waktu terjadi kebakaran yang meluat maka tidak menutup kemungkinan masyarkat tidak mampu memadamkan api dengan cepat.

“Kami terus berjaga-jaga mencegah kebakaran agar tidak meluas, hanya mesin robin ini yang kami punya dengan kemampuan yang tidak seberapa,” ungkapnya.

Iskandar juga mengatakan, beberapa hari belakangan di Pulau Kundur memang kerap terjadi kebakaran lahan. Seperti di Kecamatan Kundur Utara lebih dari lima hektare lahan warga terbakar, kemudian di Parit Makam Dusun IV Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat, selanjutnya di Desa Sawang Selatan Kecamaan Kundur Barat dihari yang sama Minggu (6/2/2022).

“Apabila terjadi musibah kebakaran, kami masyarakat sangat mengandalkan tim pemadam kebakaran dari PT Timah,” ujarnya lagi.

Berkat perhatian dan bantuan dari tim pemadam kebakaran dari PT Timah Tbk yang memadamkan api, sehingga mampu mencegah meluasnya api yang menghanguskan lahan warga.

Sementara itu, Kepala Desa Kundur M. Nuru mengaku sangat berterimakasih dan mengapresiasi PT Timah Tbk, yang tidak bosan-bosannya membantu masyarakat saat dalam kesusahan, khususnya ketika terjadi musibah kebakaran lahan.

“Terimakasih kami ucapkan kepada PT Timah Tbk, yang telah membantu warga. Memang selama ini kami juga memiliki keterbatasan sarana atau alat pemadam kebakaran. Sehingga dengan adanya perhatian berupa mengerahkan tim pemadam dari perusahaan Timah, sehingga masyarakat betul-betul merasa sangat terbantu,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Camat Kundur Barat, Haidir. Dia mengaku sangat mengapresiasi kepedulian PT Timah Tbk yang sigap dan tanggap, dalam membantu masyarakat menangani bencana kebakaran.

“Untuk itu saya juga berpesan dan berharap kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Kundur Barat khusus, termasuk juga seluruh masyarakat se Pulau Kundur untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta jangan membakar sampah tanpa pengawasan, karena dikhawatirkan akan menimbulkan bahaya,” pesannya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close