KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

8 Kades Terpilih Dilantik Bupati Karimun Desember Mendatang, SK Pelantikan Sedang Disusun

RADIOAZAM.ID – Delapan Kepala Desa terpilih pada Pilkades yang berlangsubg Oktober kemarin, akan dilantik oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq pada Desember mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Karimun, Swedi melalui Sekretaris nya, Ery Noval Jadinata mengatakan, pada pelaksanaan Pilkades serentak yang diikuti oleh delapan desa di Kabupaten Karimun, sejauh ini tidak ditemukan adanya konflik atau gugatan.

Menurut Ery, jikapun ada masalah, tentu sudah diselesaikan di tingkat Kecamatan, namun sampai saat ini tidak ada laporan mengenai persoalan Pilkades di Kabupaten Karimun.

“Tahapan selanjutnya setelah Pilkades adalah, penerbitan SK pelantikan untuk Kades yang terpilih dan sekarang sudah masuk untuk diterbitkan. Setelahnya akan dilanjutkan dengan pelantikan, yang direncanakan pada Desember nanti,” ujar Ery, Kamis (25/11).

Hanya saja, Ery belum dapat memastikan tanggal dan lokasi pelantikan bagi Kades terpilih.

Ery mengaku secara umum pelaksanaan Pilkades dari delapan desa di Kabupaten Karimun pada Oktober kemarin berlangsung kondusif, semua calon yang belum beruntung atau tidak terpilih dipastikan berlapang dada.

“Saat hari pemilihan, mereka para calon Kades ini kan turun memantau dan menghitung perolehan suara, disamping itu kan ada berita acara hasil pleno dan itu semua sudah selesai, tidak ada masalah. Surat dari Kecamatan pun sudah kita terima sehingga tidak ada persoalan,” ungkapnya.

Sampai saat ini, sambil menanti Kadesa terpili untuk dilantik, maka delapan desa yang masih dipimpin oleh Penjabat sementara (PJs) yang ditunjuk Bupati Karimun Aunur Rafiq dan berstasus pegawai negeri, diberikan tugas salah satunya memfasilittasi pelaksanaan Pilkades.

“Artinya tugas mereka sampai terpilihnya atau sampai dilantiknya kepala desa yang baru, setelahnya maka selesai juga tugasnya,” ungkap Ery.

Dijelaskan, tugas dan kewenangan PJs Kades sama seperti Kades yang defenitif, namun hanya melanjutkan program yang telah disusun oleh Kades lama dan masih berjalan periodenya.

Sebelum berakhir masa jabatan PJs Kades yang ditandai dengan pelantikan Kades defenituf, maka harus menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan sejak dia menjabat. Bahkan setiap akhir tahun wajib membuat laporan akhir tahun.

Seperti diketahui, delapan desa yang melaksanakan Pilkades di Kabupaten Karimun kini telah diperoleh nama namanya dan tinggal menunggu pelantikan. Diantaranya adalah Desa Sugi Kecamatan Moro terpilih atas nama Mawasi yang merupakan incumbent, Desa Tanjung Pelanduk Kecamatan Moro, terpilih atas nama Yusri yang merupakan wajah baru. Desa Tanjung Kilang Kecamatan Durai terpilih atas nama Muhammad Azwan sebagai incumbent, Desa Telaga Tujuh Kecamatan Durai terpilih atas nama Azhari yang merupakan wajah baru, Desa Pongkar Kecamatan Tebing terpilih Zahir yang merupakan incumbent.

Selain itu, Desa Parit Kecamatan Selat Gelam (pemekaran Kecamatan Karimun) terpilih Muhammad Rizli yang merupakan wajah baru, Desa Tanjung Hutan Kecamatan Buru terpilih atas nama Pandi yang merupakan wajah baru, terakhir Desa Pangke Bart Kecamatan Meral Barat, terpilih seorang perempuan bernama Kamsimah yang merupakan wajah baru.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close