KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

ABK Kapal Warga Penyalai Yang Hilang di Perairan Tanjungbatu Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal Dunia

RADIOAZAM.ID – Tim SAR gabungan berhasil menemukan jasad seorang ABK Kapal KM Sumatera Jaya 88, yang terjatuh ke laut pada Senin kemarin (4/7/2022). Korban ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa di kawasan Pantai Gading lebih dekat kearah Lubuk Kecamatan Kundur, Rabu (6/7/2022) sekira pukul 17.15 WIB.

Kasatpolairud Polres Karimun, AKP Binsar Samosir mengatakan, setelah dua hari melakukan pencarian bersama tim SAR gabungan, akhirnya ABK Kapal KM Sumatera Jaya 88 berhasil ditemukan di perairan Pantai Gading kearah Lubuk Kecamatan Kundur.

“Korban bernama Nandar Suryadi dievakuasi oleh tim SAR gabungan dan masyarakat. Setelahnya dilakukan visum ET Revertum terhadap korban, lalu diserahkan kepada pihak keluarga dan langsung dibawa rumah duka di Penyalai untuk di makamkan di kampung halamannya,” ujar Binsar.

Menurutnya, dengan ditemukannya korban bernama Nandar Suryadi (22) yang sempat hilang selama dua hari, maka kegiatan SAR secara otomatis ditutup dan dianggap selesai.

Dijelaskan Binsar, dalam melakukan pencarian sebelum ditemukannya korban, Satpolairud Polres Karimun sebelumnya telah menerima laporan informasi dari masyarakat, tentang ada ABK kapal terjatuh dan terbawa arus air laut.

“Setelah menerima informasi dan laporan kejadian dimaksud, lalu diadakan SAR gabungan yang terdiri dari jajaran Satpolairud Polres Karimun, dengan menggunakan dua unit kapal yaitu KP XXX-30-2001, RIB Satpolairud Polres Karimun, BKO Dit Polairud Polda Kepri di Tanjungbatu menggunakan KP. 1004, Kapal patroli Pos Angkatan Laut Tanjungbatu, satu unit RIB Basarnas, KSOP Tanjungbatu, instansi terkait serta masyarakat nelayan sekitar,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Binsar juga mengimbau agar setiap para pengguna sarana angkut laut, baik penumpang maupun kapal lainnya termasuk crew yang ada di atas kapal dalam beraktifitas laut, agar memperhatikan aspek keselamatan dengan selalu menggunakan alat keselamatan (lift jaket), dan alat keselamatan lainnya saat melakukan aktifitas dilaut.

“Himbauan ini guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan, karena belakangan ini cuaca di beberapa¬† daerah khususnya Kepri selalu berganti-ganti, dan tidak dapat di prediksi,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang ABK kapal KM Sumatera Jaya 88 terjatuh di laut saat kapal tersebut baru akan bersandar di pelabuhan, di Perairan Kecamatan Kundur, Senin (4/7/2022).

Kasat Polairud Polres Karimun, AKP Binsar Samosir ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu, sang ABK KM Sumatera Jaya 88, sampai saat ini belum juga ditemukan dan masih dalam pencarian oleh tim gabungan.

“Lokasinya berada di Pelabuhan PT Saricotama Tanjungbatu Pulau Kundur, korban bernama Nandar Suryadi. Ia terjatuh saat akan mengencangkan ikatan tali kapal KM Samudera Jaya 88 ketika berlabuh,” ungkap Binsar kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close