KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Air Bersih di Kundur Tak Kunjung Teratasi

RADIOAZAM.COM – Seiring dengan musim kemarau yang sudah berlangsung berbulan-bulan lamanya, wilayah Kundur kini semakin kesulitan air bersih.

Bahkan, aliran air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtha Karimun cabang Tanjungbatu, sudah lima bulan lamanya tak kunjung mengalir ke pelanggan.

“Kemarau tidak hanya kebakaran yang kami rasakan. Tapi ada masalah lain, yakni PDAM Tirtha Karimun yang berlokasi di Tempan Desa Lubuk Kecamatan Kundur, kini tak bisa diandalkan. Sudah tak pernah lagi ngalir ke pelanggan sejak lima bulan ini,” kata anggota DPRD Kabupaten Karimun, Hasanudin, Rabu (18/9).

Anggota DPRD dari Dapil III ini menambahkan, untuk mencukupi kebutuhan, masyarakat terpaksa membeli air dari truk tanki, yang biayanya cukup besar tergantung berapa drum yang dibeli. Rata-rat per satu drum mencapai Rp10 ribu bahkan lebih.

“Sumur di rumah masing-masing sudah banyak yang kering, tinggal sumur umum di bawah bukit di Tanjungsari yang masih bisa diandalkan. Tapi kondisi ini mau sampai kapan, harus ada solusi untuk penanganan air bersih di Kundur,” ucapnya.

Katanya, upaya PDAM Tirtha Karimun untuk memanfaatkan waduk bekas galian di wilayah Prayun Kecamatan 20-09-19 Bertoat ukl SeninKundur Barat, lalu dialirkan wilayah di Tanjungbatu, akan memakan waktu lama dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini meminta kepada pemerintah agar segera mencarikan solusi konkrit. Dengan mencari alternatif sumber mata air di lokasi terdekat, agar persoalan kemarau tidak jadi kendala kebutuhan air bersih di wilayah Pulau Kundur.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close