KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Antisipasi Fenomena Alam La Nina, Polres Karimun Gelar Apel Kesiagaan Bencana

RADIOAZAM.ID – Polres Karimun menggelar apel kesiagaan sebagai langkah antisipasi, dalam tanggap bencana yang digelar di halaman Mapolres Karimun, Jumat (6/11) dan dipimpin oleh Pejabat Sementara (PJs) Bupati Karimun, Herry Andrianto.

Apel kesiagaan tersebut, untuk mengantisipasi adanya fenomena La Nina di Kabupaten Karimun. Dimana fenomena tersebut merupakan faktor alam yang dapat menimbulkan bencana dan akan terjadi di Kabupaten Karimun.

Fenomena La Nina adalah kondisi alam yang membuat turunnya suhu air laut di Samudera Pasifik, di bawah suhu rata-rata. Penyebabnya, karena suhu permukaan laut pada bagian barat dan timur Pasifik lebih tinggi daripada biasanya.

Sehingga fenomena itu menyebabkan tekanan udara pada ekuator Pasifik Barat menurun. Sehingga berdampak pada pembentukan awan konvektif berlebihan, yang akan menyebabkan curah hujan tinggi pada daerah yang terdampak, termasuk di Kabupaten Karimun.

PJs Bupati Karimun, Herry Andrianto mengatakan, melalui apel tentunya dapat dilihat apa saja yang perlu disempurnakan, termasuk mempersiapkan berbagai macam kebutuhan, serta jalinan komunikasi dan koordinasi yang baik, antara instansi dalam menghadapi bencan di Kabupaten Karimun.

“Dalam antisipasi tanggap bencana ini, dibutuhkan sarana dan prasarana pendukung, untuk proses penanganan agar berjalan dengan baik,” kata Herry.

Sementara, Kapolres Karimun AKBP Muhammad adenan mengatakan, personil Polres Karimun bersama TNI tentu akan siap menerjunkan dengan kekuatan penuh. sehingga dipastikan TNI Polri siap dalam menanggulangi bencana.

Dalam penanganan dan kesiapan tanggap bencana, tentunya tidak hanya dilakukan oleh Kabupaten, tapi juga di seluruh Kecamatan dan Desa atau Kelurahan juga diperlukan tindakan antisipasi.

“Artinya tidak hanya tingkat Kabupaten saja yang melakukan tanggap atau antisipasi, namun semua pihak di Kecamatan, Kelurahan dan Desa, agar setiap kita juga dapat tanggap atas bencana yang akan terjadi,” kata Adenan.(agan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close