Breaking News

Aunur Rafiq Pastikan Pemerataan Pembangunan di 14 Kecamatan Jadi Prioritas, Disampaikan Saat Musrenbang Kabupaten Karimun 2023

0 0

RADIOAZAM.ID – Bupati Karimun Aunur Rafiq memastikan, pemerataan pembangunan di 14 Kecamatan se Kabupaten Karimun tetap menjadi prioritasnya dalam pembangunan tahun 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Aunur Rafiq dalam agenda Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Karimun tahun 2023, di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati, Senin (27/2/2023).

“Tahun depan pemerataan pembangunan infrastruktur masih menjadi fokus utama, sebagai upaya kita untuk merealisasikan visi, yaitu mewujudkan Karimun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berkeadilan yang berlandaskan iman dan taqwa,” kata Aunur Rafiq.

Dijelaskannya, Musrenbang tahun ini dilaksanakan untuk menjabarkan visi dan misi, dalam kegiatan dan sub kegiatan pada tahun 2024 mendatang.

Dengan kata lain menurutnya, Musrenbang tahun 2023 yang digelar Pemkab Karimun merupakan kelanjutan dari kegiatan-kegiatan pada tahun 2023, seperti tentang prioritas pemerataan pembangunan infrastruktur di 14 kecamatan.

Dia juga menyebutkan beberapa rencana pembangunan, yang menjadi skala prioritas seperti pembangunan dan peningkatan jalan di Kecamatan Belat, Kecamatan Ungar dan Kecamatan Durai. Rencana revitalisasi kawasan kota tua di Kecamatan Meral dan Kecamatan Kundur, dan tahun ini akan mulai dikerjakn dalam konsep yang sama, yakni kota tua Kecamatan Karimun.

Selain itu, akan ada pembangunan dua kantor camat pemekaran, yakni Kantor Camat Selat Gelam dan Sugi Besar, disejalankan dengan pembangunan enam unit Kantor Lurah.

“Tentunya beberapa program unggulan tetap dilaksanakan tahun 2023 ini, seperti pelatihan tenaga kerja dan pelatihan bagi UMKM. Ini juga sangat prioritas karena antusias masyarakat sangat besar. Sudah ada ribuan orang masyarakat Kabupaten Karimun yang kita latih skillnya. Hasilnya, sudah ada yang bekerja di perusahan. Begitupun bagi UMKM yang sudah dilatih, kini banyak diterbitkan izinnya,” jelas Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq mengaku bersyukur atas sejumlah pembangunan dan program, yang dinilainya dapat berjalan dengan baik sejauh ini, sehingga mampu mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karimun pasca pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi Karimun yang semula minus saat pandemi, kini naik jadi diatas 4,5 persen dan statistik ekonomi lainnya sangat baik. Kita akan terus berupaya meningkatkannya, sejalan dengan pembangunan dan program yang kita jalankan untuk masyarakat,” ucapnya.

Untuk itu, Aunur Rafiq mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Karimun agar bergandengan tangan dengan pemerintah daerah, demi kemajuan daerah.

“Mari bersama-sama menjaga situasi yang tetap kondusif ini dengan memupuk kebersamaan, kekompakan, optimis dalam membangun Kabupaten Karimun agar lebih baik lagi kedepannya. Dimana masa sulit saat pandemi Covid-19 sudah kita lewati, dan sekarang semuanya berangsur pulih, masyarakat dan pemerintah daerah harus terus bersama agar ekonomi Karimun kembali bangkit dan apa yang kita harapkan berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Dalam Musrenbang tersebut, disejalankan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), antara Bupati Karimun Aunur Rafiq dengan BPJS Ketenagakerjaan, tentang perlindungan bagi para nelayan di Kabupaten Karimun.(agn)

About Post Author

agn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *