KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Bantuan Ambulan Laut Dari PT Timah Hanya Untuk Warga Miskin

Warga Mampu Wajib Bayar

RADIOAZAM.ID – Bantuan ambulan laut dari PT Timah Unit Kundur bagi masyarakat Kabupaten Karimun yang dikelola Badan Amil Zakat (Baznas), hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Dengan ketentuan beberapat persyaratan yang harus dilengkapi agar dapat dilayani ambulan laut tersebut.

Kepala Baznas Kabupaten Karimun, Nasrial menyebutkan, syarat untuk dapat menggunakan fasilitas ambulan laut bantuan dari PT Timah tersebut seperti, memiliki surat rujukan berobat dari Puskesmas setempat, memiliki Surat Keterangan Miskin (SKM) dari Kelurahan atau Desa.

“Peruntukan dari bantuan ambulan laut yang diserahkan PT Timah kepada Baznas Kabupaten Karimun, adalah bagi masyarakat miskin bukan untuk orang kaya. Karena zakat ini memang diperuntukan terutama bagi orang miskin. Makanya diperlukan beberapa syarat, salah satunya bukti kalau dia memang warga tak mampu, yakni surat yang dikeluarkan Kelurahan atau Desa,” kata Nasrial usai serah terima bantuan ambulan laut dari PT.Timah beberapa hari kemarin.

Disebutkan Nasrial, pihaknya memang tidak sanggup jika melayani semua kategori pasien. Karena, setelah dihitung-hitung biaya operasional untuk ambulan laut dalam satu tahun mencapai Rp1,3 Miliar. Dan saat ini telah ada bantuan dari PT Timah senilai Rp300 juta serta Rp150 juta dari Baznas Kabupaten Karimun, yang diperuntukkan sebagai bantuan operasional.

“Makanya ambulan laut ini digratiskan bagi masyarakat miskin, tentunya harus melengkapi syarat-syarat yang diharuskan agar bisa dilayani,” ungkapnya.

Ambulan laut yang merupakan kapal cepat itu, akan sandar di Pelabuhan Sekumbang milik PT Tima di Prayun Kundur, dan di Pelabuhan KPK Tanjungbalai Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, ambulan laut harus dikelola dengan baik. Pasien di pulau-pulau, tidak semuanya harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani, karena sudah hampir semua Puskesmas di Kecamatan telah menerima pasien rawat inap.

“Memang bantuan ambulan laut dari PT Timah ini sesuatu yang menggembirakan, tapi ada tanggungjawab yang besar yang harus kita laksanakan. Masyarakat jangan berpikir semua pasien bisa dilayani dengan gratis terhadap ambulan laut ini. Melainkan hanya yang mendapatkan rujukan dan mengantongi surat keterangan tidak mampu,” jelas Rafiq.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close