KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Budidaya Kepiting Milik Erwin Semakin Maju, Seiring Jadi Mitra Binaan PT Timah

Peluang Usaha Yang Menjanjikan

RADIOAZAM.ID – Potensi budi daya kepiting mulai menjanjikan, seiring seiring makin banyaknya permintaan kepiting dari masyarakat.

Hal itu pula yang membuat Erwin mulai mengembangkan budi daya kepiting, dan hingga saat ini telah mempekerjakan 10 orang warga tempat tinggalnya, dari sebelumnya hanya dibantu oleh keluarganya sendiri.

“Melihat pangsa pasar yang menjanjikan dengan harga yang lumayan bagus, serta konsumen seafood khususnya kepiting muali banyak diminati. Kemudian budidayanya juga tidak begitu lama, tiga bulan sudah panen,” kata Erwin, baru-baru ini.

Mulanya, kendala yang dihadapi Erwin hanya sebatas pembibitan, sehinga harus memesan dari luar daerah. Namun kini telah mampu melakukan pembibitan sendiri setelah adanya pembinaan dari UPT Dinas Perikanan.

Tapi lagi-lagi kendala lain muncul, seperti modal untuk budidaya bibit kepiting. Namun ternyata PT Timah peka dan memberikan Erwin kemudahan, seiring telah menjadi mitra dari BUMN tersebut.

Sehingga dari sebelumnya sempat tersendat dan kolam bibit yang telah tersedia belum juga terisi, kini dia telah mengajukan bantuan dan proposalnya pun telah diterima PT Timah.

Termasuk juga masalah pakan kepiting, yang kemudian menjadi kendala jika cuaca sedang buruk, yang biasa dibeli dari masyarakat sekitar.

“Setelah jadi mitra binaan PT Timah Tbk usaha ini terus berkembang. Melalui suntikan modal, saya bisa menambah bibit, menambah kolam dan membambah peralatan lainnya,” kata warga Desa Gemuruh Kecamatan Kundur Barat ini lagi.

Untuk menjadi mitra binaan PT Timah, Erin mengaku prosesnya tidak sulit, hanya perlu kesabaran dan yang terpenting sudah punya usaha untuk dikembangkan, sehingga modal yang didapat benar-benar untuk pengembangan usaha.

“Semoga program kemitraan PT Timah Tbk ini dapat terus bergulir, sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan program ini,” harapnya.

Erwin mengaku, program tersebut tentunya sebagai upaya dari PT Timah Tbk untuk memandirikan UMKM. Dalam hal ini BUMN tersebut terus berkomitmen untuk membantu UMKM mengembangkan usahanya. Dimana bantuan yang dikucurkan tidak hanya berupa modal, melainkan juga pembinaan dan pemasaran produk melalui kegiatan pameran dan lainnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close