KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Bupati Karimun Bakal Alihkan Pasien Positif Covid Asal Karimun Dirawat di RS Galang Batam

RADIOAZAM.ID – Bupati Karimun Aunur Rafiq berencana akan mengalihkan pasien positif Covid 19 dari Kabupaten Karimun, agar dirawat di Rumah Sakit Galang-Batam.

Rencana itu dilakukan jika pasien positif dari Kabupaten Karimun terus menumpuk, sementara daya tampung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani terbatas, hanya untuk 16 orang pasien positif.

“Kalau sudah lebih dari 15 pasien positif yang kita tampung di RSUD Muhammad Sani, maka kita akan minta bantu Rumah Sakit Galang,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, Selasa (18/8).

Dikatakan Rafiq, langkah tersebut dilakukan karena khawatir jika terjadi penumpukan atau tetap dipaksakan untuk dirawat diluar dari kemampuan kapasitas pasien, akan mempengaruhi atau mengganggu tenaga medis dan dikhatirkan bakal terpapar, sehingga terjadi klaster baru.

Rafiq menjelaskan, RSUD Muhammad Sani bukan rumah sakit khusus Covid, melainkan untuk penyakit umum atau diluar dari terkonfirmasi Covid 19. Namun pemerintah daerah tetap menyediakan untuk masyarakat agar mudah ditangani di tempat sendiri, sehingga disiapkan ruangan khusus di lantai 6, dengan jumlah pasien terbatas.

“Saya sudah berkoordinasi dengan manageman Rumah Sakit Galang-Batam. Mereka harus bisa menerima pasien dari Kabupaten Karimun, karena kita pun tidak mungkin dipaksakan melebihi kapasitas disini,” jelas Rafiq.

Langkah itu perlu diambil Rafiq karena melihat kondisi perkembangan saat ini dari hasil tracking mencapai 200 orang, yang masih menunggu hasil swab. Sedangkan saat ini telah ada 14 pasien yang dirawat di ruang isolasi khusus Covid 19 di RSUD Muhammad Sani.

“Kita akan lihat hasil swab dari 200 sampel yang sudah diambil, mereka ini merupakan orang yang pernah berhubungan erat dengan delapan kasus baru positif Covid,” ungkapnya.

Dia berharap hasil swab terhadap 200 orang yang diambil sampelnya semuanya negatif, sehingga dapat memutus mata rantai.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi klaster baru,” harapnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close