KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Bupati Karimun Bangun LPM di Kecamatan Tebing Dari Dana DAK, Untuk Jaga Ketersediaan Pangan dan Kestabilan Harga

RADIOAZAM.ID – Bupati Karimun Aunur Rafiq mulai menjaga ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan pokok di Kabupaten Karimun, yang diawali dengan mendirikan Lumbung Pangan Masyarkat (LPM), ditandai peletakan batu pertama, Sabtu (11/9) di Bangun Sari Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing.

Dalam kesempatan itu Aunur Rafiq mengatakan, keberadaan LPM ini nantinya, akan menyediakan sembilan bahan pokok (Sembako), serta akan menampung produk-produk pertamian masyarakat di Karimun.

“Tujuan di dirikannya LPM nantinya untuk menjaga ketersediaan sembako, mampu menjaga kestabilan harga di Kabupaten Karimun,” ujar Rafiq.

Menurut Rafiq, pada realisasinya nanti, LPM tersebut diminta agar menjual produk pertanian jaug dari harga pasaran.

“Diminta agar LPM ini mampu menjual dibawah harga pasaran. Kalau misalnya dipasar jual Rp100 ribu, maka disini harus jual Rp95.000. Tetap ada keuntungan tapi tidak merugikan pentai, karena tujuannya untuk kestabilan harga.

Anggaran pembangunan LPM tersebut, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2021, bidang pertanian, melalui Dinas Pangan dan Pertanian.

“Total DAK yang kita dapat mencapai Rp1,5 Miliar untuk kegiatan pembangunan dibidang ketahanan pangan, dan salah satunya adalah pembangunan LPM ini, yang dianggarkan senilai Rp287.383.000,” jelas Rafiq. Pembangunan LPM tersebut sudah dibayarkan 20 persen tahap pertama, untuk modal kerja yang dilakukan dengan cara padat karya, yang ditargetkan selesai pada Desember tahun ini.

Selanjutya, pada tahun 2020 mendatang akan dianggarkan kembali senilai Rp100 Juta dari DAK, sebagai modal awal untuk mengisi kebutuhan lumbung pangan.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close