KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Bupati Karimun dan Wakilnya Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 Secara Daring

RADIOAZAM.ID – Pemerintah Kabupaten Karimun mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, yang di gelar secara nasional melalui daring, di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Rabu (1/6/2022).

Upacara di Karimun dihadiri langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq beserta wakilnya, Anwar Hasyim, dan jajaran Forkopimda serta seluruh OPD Kabupaten Karimun. Semuanya mengenakan pakaian adata baju kurung Melayu.

Sedangkan secara nasional, upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 dipusatkan di lapangan Pancasila, Ende Nusa Tenggara Timur (NTT).

Presiden RI Joko Widodo, yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan, mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada, untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, tapi juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian, serta dibuktikan dalam sejarah perjalanan bangsa,” ujar Jokowi.

Disampaikannya, dalam menghadapi situasi dunia yang sedang bergejolak saat ini, pandemi Covid yang belum sepenuhnya berakhir, diikuti oleh krisis energi dan pangan, serta ancaman kemiskinan yang ekstrim dan juga perang di Ukraina. Maka dalam hal ini Jokowi mengajak seluruh negara maju di dunia, untuk bergotong royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis dimasa depan.

Jokowi juga mengajak agar semua pihak dapat menjadi teladan, dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila, mulai dari pimpinan parpol, ormas, seluruh pemimpin bangsa, para pejabat pemerintahan, tokoh agama dan masyarakat.

“Mari bersama bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila, dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close