KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Bupati Karimun Izinkan Pedagang Berjualan Pada Acara KNPI di Coastal Area, Bantah Adanya Larangan Dirikan Lapak di Hall B Terkait Kedatangan Moeldoko

RADIOAZAM.ID – Pemerintah Kabupaten Karimun membantah jika dikatakan melarang pedagang atau UMKM berjualan, pada kegiatan Youth Expo Karimun 2022 yang digelar KNPI Kabupaten Karimun selama empat hari mendatang, sejak Kamis (17/11/2022).

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengklarifikasi hal tersebut, dengan memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Karimun tidak pernah melarang masyarakat untuk berjualan pada kegiatan apapun.

“Tidak ada sterilisasi sebagaimana informasi dari pedagang yang diberitakan itu, kecuali Presiden yang datang pasti ada sterilisasi. Jadi silahkan pedagang ikut berjualan dalam kegiatan KNPI,” ujar Rafiq melalui sambungan telepon kepada radioazam.id, Rabu (16/11/2022).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Karimun dipastikan akan tetap mendukung segala kegiatan, yang melibatkan UMKM ataupun pedagang kecil di Coastal Area. Sehingga jika dikatakan ada lerangan terhadap pedagang yang ingin berjualan, tentu hal tersebut perlu dipertanyakan bahwa pedagang dapat informasi itu dari siapa.

“Kita akan tetap mendukung para pelaku UMKM untuk tetap berkegiatan, bahkan pada acara kedatangan Bapak Moeldoko nantinya sedang kita upayakan untuk melibatkan para pedagang,” ungkapnya.

Hal yang sama pun disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karimun, Sukriyanto. Dia juga membantah jika dikatakan bahwa pedagang dapat informasi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, yang akan menggelar kegiatan bersama Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI Purn Moeldoko Karimun.

“Memang awalnya Pak Moeldoko mau datang pada 18 November, kemudian ditunda jadi tanggal 20, lalu ditunda lagi sehingga pastinya kegiatan dilaksanakan pada 22 November. Memang kami mau pakai Hall B Coastal Area, tapi kami bersiap-siap juga pada hari Minggu. Jadi para pedagang silahkan gelar lapak dangan pada acara KNPI di Hall B itu,” ungkap Sukriyanto.

Hanya saja menurut Sukriyanto, untuk menggunakan lokasi di Coastal Area bukan wewenang dari dinasnya, melainkan Disperindag. Sehingga segala kewenangan berada pada dinas tersebut.

“Kami pastikan tidak ada dinas kami melarang pedagang berjualan untuk menggunakan lokasi Hall B Coastal Area, bersempena dengan kegiatan KNPI. Kalau ada pedagang mengatakan diminta sterilisasi lokasi terkait kedatangan Bapak Moeldoko, kami tidak pernah melakukan sterilisasi lokasi, jadi silahkan saja berjualan. Kami bersama Bapak Bupati tidak menghalangi pedagang,” kata Sukriyanto lagi.

Seperti diberitakan, Pemerintah melarang Pedagang UMKM di Coastal Area ikut berjualan, dalam agenda Youth Expo Karimun 2022 yang digelar KNPI Kabupaten Karimun, di panggung Coastal Area selama empat hari sejak Kamis besok (17/11/2022).

Larangan itu sebagaimana pengakuan beberapa pedagang yang menyampaikan informasi, bahwa mereka tidak dibenarkan untuk berjualan pada agenda tersebut, karena akan ada kunjungan Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI Purn Moeldoko ke Karimun pada Senin besok (21/11/2022), dalam agenda kegiatan tani.

Larangan berjualan itu justru menjadi tandatanya bagi para pedagang, atas kehadiran Moeldoko pada Senin mendatang (21/11/2022) ternyata bukan memberikan efek positif, namun membuat pedagang tidak dapat mencari pendapatan lebih.

“Kita tidak dapat ambil stand di KNPI karena memang sudah penuh, jadi biarkanlah kami berjualan dengan gerobak kami sendiri disamping Hall B berjejer dengan beberapa pedagang lainnya pada kegiatan KNPI selama empat hari, namun alih-alih pemerintah melarang kami berjualan pada acara KNPI, dengan alasan sterilisasi,” ungkap salah seorang pedagang, Rabu (16/11/2022).

Larangan itu pun tersebar di medsos yang isinya adalah sebagai berikut, “Informasi, bahwa berkenaan dengan kegiatan pada 17 November sampai 20 November di Hall A, akan ada kegiatan stand KNPI, dan di Hall B tidak dapat di isi untuk acara UMKM luar. Berhubung ada acara dari Dinas Pertanian dan Pangan, yang akan dihadiri Bapak Moeldoko, untuk sementara belum dapat berjualan di Hall B, sekian,” begitu isi pesan yang disampaikan pedagang.

Sebagai informasi, rencananya KNPI Kabupaten Karimun akan menggelar Youth Expo Karimun 2022 di lapangan parkir Hall A Panggung Putri Kemunging Coastal Area, dengan melibatkan puluhan pedagang dan intansi yang akan memamerkan produk unggulan mereka, dalam kegiatan pameran stand bazar selama empat hari, terhitung sejak Kamis (17/11/2022) dan berakhir sampai Minggu (20/11/2022).(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close