Breaking News

Bupati Karimun Jadikan Kegiatan Kenduri Kampong Sehidang Talam Sebagai Agenda Tahunan

0 0

RADIOAZAM.ID – Bupati Karimun Aunur Rafiq akan menjadikan kegiatan adat Kenduri Kampong Sehidang Talam, sebagai agenda tahunan religius dan wisata budaya.

Hal itu disampaikannya saat kegiatan Kenduri Kampong Sehidang Talam, yang kali ini dipusatkan di panggung Rumah Dinas Bupati, Sabtu (18/3/2023).

“Kegiatan yang kita laksanakan ini akan jadi agenda tahunan melalui APBD dan akan dianggarkan setiap tahunnya. Sehingga jadi agenda wisata dan religius, tentunya harus dikonsep dengan baik dan kita evaluasi, agar tahun depan bisa lebih baik lagi,” kata Aunur Rafiq.

Dikatakan Aunur Rafiq, kegiatan yang dilaksanakan Aliansi Budak Balai Bersatu (AB3) bersama Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun itu, selain melestarikan budaya Melayu di Kabupaten Karimun, juga sebagai ajang mempererat silaturahmi dan rasa kekeluargaan.

“Makna dari kegiatan ini sangat besar, selain meningkatkan silaturahmi juga mengingat sejarah, dan menjadi budaya kita,” katanya.

Sementara itu, Ketua LAM Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah mengatakan, kenduri merupakan budaya Melayu yang sudah turun temurun, sebagai sarana saling bersilaturahmi sejak lama, yang diawali dengan zikir dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Agenda Kenduri Kampong Sehidang Talam ini perlu kita lestarikan,” katanya.

Kegiatan tersebut kental dengan nuansa dan budaya Melayu, mulai dari pakaian, pernak pernik dan hiasan tenda, serta tata cara menyantap hidangan yang dilakukan dengan lesehan dan duduk bersila.

Disejalankan pula dengan tabur beras kunyit, silat, dan memasang tanjak. Kegiatan kemudian diakhiri dengan berziarah ke makam leluhur tepatnya di samping Masjid Al-Mubarak Kecamatan Meral sebagai masjid bersejarah dan tertua di bumi berazam.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *