KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Bupati Karimun Launching Vaksinasi Anak Usia 6 Sampai 11 Tahun, Dipusatkan di SDN 001 Karimun

Target Ada 28.000 Pelajar Yang Harus di Vaksin

RADIOAZAM.ID – Pemerintah Kabupaten Karimun mulai memvaksin anak usia 6 tahun sampai 11 tahun, yang dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 Karimun, Jumat (17/12).

Kegiatan tersebut digelar bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA), serta instansi vertical
lainnya mulai dari TNI Polri dan dibantu oleh tenaga kesehatan, disambut antusias oleh para orang tua wali murid. Kondisi ini dibuktikan dengan membludaknya siswa yang rela mengantri untuk disuntik, meski bel jam pulang sekolah sudah lama berbunyi.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, launching vaksinasi serentak anak usia 6 tahun sampai 11 tahun di Kabupaten Karimun, digelar di 13 titik sesuai dengan jumlah Puskesmas yang ada di Kabupaten Karimun.

“Untuk di Pulau Karimun kita pusatkan di SDN 001 Karimun, sementara di Puskesmas lainnya yang terlibat turut serta melakukan kegiatan yang sama, dengan target yang akan kita capai dalam satu hari ini adalah lebih kurang sekitar 3000 anak,” jelas Rafiq usai melaunching vaksinasi anak usia 6 tahun sampai 11 tahun.

Jika melihat antusias orang tua di SDN 001 Karimun, Rafiq menilai animo wali murid dan siswa sangat tinggi. Salah satu penyebabnya adalah karena para prang tuanya rata-rata sudah vaksin, sehingga jika orang tuanya telah disuntik, maka anak-anaknya pun pasti diizinkan untuk divaksin.

Secara keseluruhan, gabungan antara siswa usia Sekolah Dasar (SD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), mencapai 28.000 anak.

“Mudah-mudahan sampai akhir Januari 2022 akan datang vaksin dosis pertama ini dapat kita selesaikan, apabila setiap harinya yang dilakukan bisa mencapai 2000 sampai 3000 anak yang disuntik vaksin, maka bisa dipastikan tidak akan sampai satu bulan sudah tuntas penyuntikan untuk dosis pertama,” ungkapnya.

Hanya saja, karena faktor wilayah Kabupaten Karimun yang terdiri dari banyak pulau dan cukup jauh, sehingga diberikan kemudahan dengan target dalam jangka satu bulan bisa dicapai untuk 28000 lebih anak wajib vaksin.

Dengan demikian menurut Rafiq, ada empat kategori usia vaksinasi yang dilakukan dengan presentase capaian antara lain, usia 18 tahun keatas sudah mencapai 85 persen, usia 12 tahun sampai 17 tahun sudah mencapai 95 persen, selanjutnya vaksinasi lansia sudah mencapai 65 persen. Dan kategori terakhir anak usia 6 tahun sampai 11 tahun yang baru saja dimulai pada 17 Desember 2021.

“Kalau untuk vaksin dosis kedua, secara keseluruhan baru mencapai 60 persen. Ini artinya kita harus mengejar target, untuk tingkat Provinsi saja saat ini sudah berada pada angka 70,8 persen dosis kedua, selain mengejar target vaksinasi usia 6 tahun sampai 11 tahun,” jelasnya.

Oleh karena itu kata Rafiq, dia menghimbau kepada masyarakat yang sudah melakukan vaksin dosis pertama, segera datang ke Puskesmas terdekat, untuk mendapatkan vaksin dosis kedua

“Karena sesungguhnya Covid belum berakhir dan masih ada, bahkan ada jenis baru yang sedang muncul di berbagai negara, bahkan di Indonesia juga sudah mulai ada. Maka agar kita memiliki ketahanan tubuh atau imunitas yang baik, selain vaksin kita juga wajib menerapkan protokol kesehatan,” kata Rafiq lagi.

Adapun jenis vaksin yang diberikan bagi anak usia 6 sampai 11 tahun adalah sinovac, yang saat ini masih tersedia lebih kurang hampir 100.000 dosis di Kabupaten Karimun. Jika masih kurang segera akan diminta ke Provinsi Kepri.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close