KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Bupati Karimun Minta ke RT dan RW Agar Terlibat Dalam Antisipasi Kebakaran Saat Musim Kemarau, Jika Ada Unsur Kesengajaan Serahkan ke Polisi

RADIOAZAM.ID – Bupati Karimun Aunur Rafiq menegaskan kepada seluruh Lurah dan Kepala Desa, untuk menyiagakan seluruh RT dan RW serta tokoh masyarakat dalam melakukan tindakan antisipasi kebakaran lahan dan hutan.

Penegasan itu disampakan Rafiq karena beberapa hari belakangan sering terjadi kebakaran, bahkan sekitar dua hari kemarin terjadi tujuh titik kebakaran dalam sehari. Sehingga hal tersebut perlu dilakukan tindakan dan antisipasi agar tidak terjadi hal serupa.

“Maka dalam hal ini saya minta kepada masyarakat melalui RT RW dan tokoh masyarakat untuk dapat melakukan pencegahan. Sekarang kan musim kemarau, kebiasaan masyarakt untuk membuka lahan dan kebun dengan cara dibakar agar dapat dikurangi,” kata Rafiq usai menghadiri kegiatan di Gedung PGRI Kabupaten Karimun, Kamis (3/2/2022).

Dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Termasuk juga masyarakat yang membuka atau membersihkan kebun agar tidak dilakukan dengan cara membakar semak belukar.

“Saya juga perlu menghimbau dan sudah saya sampaikan kepada para Lurah dan Kades, agar mengadakan rapat dengan RT RW untuk memantau dan tolong awasi. Dan kalau ada kebakaran kecil cepat diinofrmasikan baik kepada kita dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau kepada Sapol PP,” pintanya.

Disinggung adanya indikasi kesengajaan sehingga banyaknya titik api, Rafiq mengaku jika memang ada unsur kesengajaan maka harus ditangkap dan diproses hukum.

“tapi antara sengaja atau tidak ini beda tipis sekarang, dibilang tak sengaja padahal ada unsurnya, tapi kita tidak boleh langsung memutuskan bahwa itu sengaja atau tidak, biarlah itu Polisi yang menentukan,” pungkas Rafiq.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close