KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Bupati Pastikan Pengesahan APBD Karimun 2020 Tanpa Defisit

Seluruh Belanja Bukan Kepentingan Publik di Rasionalisasi

RADIOAZAM.ID – Setelah disahkannya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karimun
tahun 2020, Bupati Karimun Aunur Rafiq memastikan tidak ada defisit yang terjadi.

“Karena dalam pelaksanaan APBD Murni tidak akan terjadi defisit. Jika pun terjadi, itu adalah dampak dari merasionalisasikan kegiatan-kegiatan, sesuai dengan kesepakatan, bahwa belanja menigkuti pendapatan,” kata Rafiq usai menghadiri rapat paripurna pengesahan APBD Kabupaten Karimun tahun 2020, Jumat malam (29/11).

Adapun yang di rasionalisasi adalah belanja, karena pendapatan Kabupaten Karimun disepakati Rp1,277 Triliun. Dengan sumber pembiayaan yaitu silpa yang ditetapkan hampir Rp107 Miliar, yang didalamnya ada BOS dan JKN.

“Sehingga total seluruhnya adalah Rp1,384 Miliar, yang kita sahkan didalam APBD Kabupaten Karimun tahun 2020,” jelas Rafiq.

Tindakan rasionalisasi itu lanjut Rafiq, sesuai yang dimintakan dalam pembahasan melalui Badan Anggaran, bahwa belanja harus mengikuti pendapatan.

“Kalau kita ingin belanja secara keseluruhan, mungkin mencapai Rp1,5 Triliun. Jika itu yang kita ikuti, artinya pendapatan kita tidak sesuai, sehingga dilakukan rasonalisasi dan itu berdasarkan kesepakatan di DPRD Kabupaten Karimun. Sedangkan berapa besarnya, itu kami yang akan mengurangi dan dari belanja apa saja,” terangnya.

Beberapa pos anggaran yang dirasionalisasi antara lain, mulai dari belanja administrasi umum di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Karimun, belanja yang sifatnya tidak untuk kepentingan publik, termasuk kegiatan lain ya mungkin yang kita lihat belum dapat dilakukan saat ini akan dikerjakan pada tahun berikutnya.

“Termasuk juga tunjangan kinerja, sudah kita ikuti peraturannya dan sudah kita seusaikan dengan peraturan yang ada,” pungkas Rafiq.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close