KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Calon Penumpang Yang Akan Terbang Dari Bandara RHA Karimun, Cukup Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi Sebagai Dokumen Kesehatan Yang Lengkap

RADIOAZAM.ID – Para calon penumpang yang akan berangkat menggunakan pesawat di Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Kecamatan Tebing, kini tidak perlu lagi banyak-banyak dokumen yang dibawa, hanya cukup melengkapi data melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Kepala Bandara RHA Karimun, Fanani Zuhri mengatakan, pemberlakuan aplikasi dokumen kesehatan calon penumpang dalam hal ini Peduli Lindungi, sudah dimulai sejak awal September kemarin. Aplikasi tersebut terkoneksi dengan dokumen-dokumen kesehatan masyarakat, sehingga cukup membukanya dari ponsel.

Menurut Fanani, aplikasi PeduliLindungi langsung terkoneksi dengan eHAC Indonesia, kemudian juga hasil tes Covid-19 dan sertifikat vaksinasi.

“Artinya dalam satu aplikasi, semua keperluan dokumen kesehatan perjalanan bisa diakses secara digital,” kata Fanani, Selasa (21/9).

Kata Fanani, ketika semua keperluan dokumen sudah terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi, calon penumpang cukup melakukan scan barcode, ke mesin PeduliLindungi di Bandara RHA.

“Tentunya calon penumpang harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelahnya baru melakukan scan barcode,” ungkapnya.

Ditambahkan, sebelum melakukan penerbangan, para calon penumpang harus melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan, yang kemudian terafiliasi dengan New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

“Seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Karimun sudah terhubung ke NAR. Maka secara otomatis sudah terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close