KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Calon Wabup Bersinar Diperiksa Bawaslu Karimun, Pilih Tutup Mulut dan Tak Respon Pertanyaan Wartawan

Terkait Video Anwar Abubakar Sebut Nama Ketua KPU Dalam Pertemuan di Posko Bersinar

RADIOAZAM.ID – Calon Wakil Bupati nomor urut 2, Anwar Abubakar diperiksa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun, Senin (7/12).

Pemeriksaan itu terkait video yang beredar berisi pernyataan Anwar Abubakar, yang menyebut nama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, dalam sebuah pertemuan Bersinar (jargon calon nomor urut 2).

Video berdurasi 24 detik itu, memuat pernyataan Anwar Abubakar bahwa Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan Bersinar lebih baik dibandingkan tak tentu arah.

Anwar Abubkar tiba di Kantor Bawaslu Kabupaten Karimun sekitar pukul 10.30 WIB, dan baru keluar pada pukul 12.20 WIB. Dia ditemani tiga orang termasuk satu diantaranya seorang supir.

Setelah keluar dari gedung Bawaslu Kabupaten Karimun, Anwar Abubakar lebih banyak bungkam ketika ditanya para awak media.

Seperti saat ditanya apakah mengaku pernah berbicara sebagaimana yang didalam video, Anwar memilih bungkam dan mengarahkan kepada anggota Bawaslu Kabupaten Karimun, Tiuridah Silitonga, yang baru saja selesai memeriksa dirinya.

“Silahkan nanti tanyakan dengan Tiuridah. Yang jelas saya sudah berikan keterangan ke Tiuridah,” ujar Anwar.

Begitupn ketika ditanya poin apa saja yang ditanyakan Bawaslu, dia enggan merespon pertanyaan tersebut dan kembali mengarahkan kepada Bawaslu

“Terkait poin apa saja yang ditanyakan Tiur, Silahkan tanyakan Tiur langsung. Pertanyaannya ada sekitar belasan lah,” jelasnya.

Ditanya apakah benar Ketua KPU Eko Purwandoko pernah berbicara sebagaimana yang disebutkan Anwar didalam video, dia kembali mengarahkan agar menanyakan kepada anggota Bawaslu, Tiuridah.

Termasuk juga ketika ditanya apakah Anwar membenarkan video tersebut dan memuat pertaannya yang menyeret nama Ketua KPU Karimun, dia pun enggan meresponnya.

Bahkan ketika disebutkan Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko merasa difitnah Anwar Abubakar, atas pernyataan yang ada didalam video, wakil pasangan Iskandarsyah itu pun menolak mengomentarinya.

“Silahkan tanya Tiur, tanya sana,” sebutnya.

Disinggung bahwa Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mencoba menghubungi nomor ponselnya, namun tak pernah direspon, Anwar berkilah. Dia mengaku bahwa nomor ponsel yang ditelepon Eko Purwandoko adalah nomor lama, sehingga tidak terkoneksi pada ponselnya.

“Itu kan nomor lama, saya tak pakai nomor lama. Mungkin masih dipegang Pak Eko. Saya pun tak pegangnomor (ponsel) Pak Eko, sehingga tidak terjadi komunikasi,” pungkasnya seraya berlalu menaiki mobil yang telah menunggunya untuk meninggalkan Kantor Bawaslu.

Sementara itu, Ketua Divisi Pelanggaran Pilkada Bawaslu Kabupaten Karimun, Tiuridah Silitonga ketika dikonfirmasi usai memeriksa Anwar Abubakar menyebutkan, cukup banyak pertanyaan yang diberikan kepada Anwar Abubakar dan dia tidak ingat berapa jumlahnya.

“Statment Anwar Abubakar kan belum ada penyelesaian, karena ini baru proses, yang jelas Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko sudah kita panggil pada hari Minggu (6/12). Terus hari ini dilanjutkan dengan Pak Anwar. Tapi saya akan panggil ulang lagi Pak Eko, karena akan kita maching kan. Ada keterangan yang mesti kita minta tambahkan lagi dari Ketua KPU itu,” jelas Tiuridah.

Nanti lanjut Tiuridah, akan ada rilis resmi dari Bawaslu Kabupaten Karimun mengenai seperti apa pengakuan Anwar Abubakar maupun Eko Purwandoko.

Mengani jawaban Anwar dan Eko apakah bertolak belakang, Tiuridah mengaku tidak. Bahkan banyak yang sesuai, namun ada beberapa hal yang masih pelru ditanyakan lagi kepada Eko.

“Yang jelas pertanyaannya terkait video itu, betul atau tidak. Terus maksud dan tujuan kenapa menggunakan nama penyelenggara, ya seputar itu. Anwar pun tidak membantah isi video itu. Kalau soal kesengajaan, nanti kita bahas,” katanya.

Menurut Tiuridah lagi, Anwar menjelaskan bahwa video tersebut berlokasi di Posko Pemangan Bersinar yang terletak di Kapling Kecamatan Tebing, bahkan sempat diberikan alamat lengkap.

Rencananya, Bawaslu Kabupaten Karimun akan mepertemukan keduanya, namun masih dibicarakan pada level pimpinan, seperti apa tindaklanjutnya.

“Kalau Pak Eko (Ketua KPU Kabupaten Karimun-red) jelas dia jawabannya membantah secara keras, karena integritas KPU dipertanyakan. Makanya itu implikasinya kan besar nih. Karena penyelenggara, nanti kurang kepercayaan masyarakat,” ujar Tiuridah.

Sampai saat ini kata Tiudirah, Eko bukan tidak mau membuat laporan kepada pihak berwajib, namun terlebih dahulu akan melihat itikad baik dari Anwar Abubakar.

“Yang jelas video itu direkam dan memang ada. Tapi video itu tidak seluruhnya, maksudnya ada yang terputus, kan cuma berapa detik. Anwar pun menceritakan dari awal sampai akhir,” ungkap Tiuridah.

Pemanggilan selanjutnya, ditujukan kepada pemilik akun yang mengupload dan share video berdurasi 24 detik itu, atas nama akun Azali Zali.

“Hari ini juga kita akan lanjutkan pemanggilan terhadap pemilik akun Azali Zali yang share video, tapi belum datang. Kemudian penangungjawab posko pemenangan juga dipanggil,” sebutnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close