KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Capaian Pembangunan di Usia 20 Tahun Kabupaten Karimun

RADIOAZAM.ID – Menginjak usianya ke 20 tahun tepat pada 12 Oktober 2019, Kabupaten Karimun dinilai mampu mencapai beberapa target strategi pembangunan di berbagai sektor.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Karimun Anawar Hasyim saat memimpin apel Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karimun ke 20, di Coastal Area, Sabtu (12/10). Dalam amanatnya, Anwar menyampaikan ada delapan capaian pembangunan yang telah dilakukan pemerintah daerah.

Pertama dalam bidang pendidikan, ketersediaan dan keterjangkauan mutu serta tata kelola, berbagai terobosan ornamental telah dilakukan. Ditandai dengan dibangunnya sekolah-sekolah baru. Rehabilitasi sekolah rusak berat dan penambahan ruang kelas baru pada sekolah yang daya tampungnya rendah.

“Dengan dibangunhya sekolah baru dan renovasi gedung, diharapkan anak-anak Karimun lebih berpotrensi dan memudahkan dalam pencapaian tujuan pendidikan,” harap Anwar.

Kemudian dibidang kualitas kesehatan masyarakat, pemerintah terus mengupayakan dan menekan berbagai macam ancaman kesehatan di masyarakat. Antara lain menurunkan angka kematian ibu dan kematian bayi lahir, serta meningkatkan kualitas kesehatan individu, dan peningkatan status gizi masyarakat terutama pada anak-anak. Lali peningkatan layanan kesehatan masyarakat melalui peningkatan kapsitas Rumah Sakit, Puskesmas, Polindes maupun seluruh posyandu yang ada, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Peningkatan infrastruktur menjadi capaian yang dinilai membanggakan, mulai dari meningkatkan jangkauan dan kualias infrastruktur jalan, jembatan, goro-gorong dengan harapan agar ada peningkatan kawasan potensi ekonomi.

“Pembangunan dan revitalisasi infrastruktur perkotaan serta pedesaan terus dilaksanakan dari tahun ke tahun. Ini semua guna mendukung pelayanan dibidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan kesehatan masyarakat, dengan berbagai capaian,” ucap Anwar lagi.

Capaian yang dimaksud seperti pembangunan atau konektifitas sarana jalan dan jembatan, dari Tanjunghutan, Belat ke Tanjungberlian. Yang saat ini sedang berjalan dan terus dikejar tahapan penyelesaiannya. Serta pembangunan sarana dan prasarana objek siwata gunung jantan, yang akan menjadi penggerak sektor pariwisata di Kabuapten Karimun, dan sekaligus ikut mendongkrak perekonomian masyarakat di Kabupaten Karimun.

Termasuk pula pembangunan Kantor Desa, dengan bantuan dana perbatasan melalui APBN 2019, yang diberikan kepada tiga desa, yakni Desa Rawa Jaya, Desa Pulau Moro dan desa Degong, selain itu pembangunan Islamic Centre di Pulau Kundur, yang nantinya akan menjadi roda penggerak pembangunan SDM Kabupaten Karimun, yang religius dan generasi yang Qurani. Pembangunan pasar modern sebagai upaya pemeirntah daerah, dalam mendorong perkonomian maysarkat, serta penciptaan pasar yang aman dan nyaman bagi pengunjung dan pembeli yang datang. Pemeliharaan dan peremajaa jalan, selokan, gorong-gorong.

Strategi perutmbuhan ekonomi juga dinilai menjadi penyumbang keberhasilan, yang merupakan dampak dari revitaliasai dan pengembanagn destinasi wisata, pemberdayaan ekonmi masyarkaat melalui industri kecil dan UKM. Yang saling menunjang antara sektor pariwisata, perdagangan, hotel dan restoran, dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan dan pengurangan tingkat pengangguran.

Capaian kelima, dilihat dari peningkatan ketahanan dan kemandirian pangan, melaui peningkatan kualitas SDM, tenaga penyuluh dan peninkatan kualitas pengolahan potensi yang ada. Dalam rangka meningkatkan profuksi tanaman pangan di Kundur dan sekitarnya.

Selanjutnya capaian proghram peningkatan kesadaran hukum, dengan memberikan ruang selebar-lebarnya kepada masyarakat, untuk berpartisipasi dalam hukum, dalam upaya menciptakan green goverment dan good goverment.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala BKPSDM Pemkab Karimun, Sudarmadi, saat upacara HUT Kabupaten Karimun ke 20 di Coastal Area, Sabtu (12/10)

Tak kalah pentingnya, capaian melalui program karimun bersih, yang terus disosialisasikan dan laksanakan bersama, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, akan pentingnya kesehatan dalam membangun masyarakat yang sehat dan kuat.

“Dengan usaha dan kerja kita bersama, dalam rangka mempertahankan piala kota terbersih, maka piala Adipura untuk keempat kalinya dapat kita pertahankan. Kami juga ucapakan maskasih kepada masyarakat Kabupaten Karimun yang turut andil, dalam menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Semoga apa yang kita lakukan mendapat ridho dari Allah SWT,” harap Anwar.

Program menciptakan lapangan kerja bagi pemuda pemudi di Karimun juga dinilai menjadi salah satu penyumbang keberhasilan. Pada tahun 2019 ini juga pemerintah Kabupaten Karimun bekerjasama dengan
Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB, akan Kembali
melasakan pembukan penerimaan CPNS di lingkuangan Pemkab Karimun.

“Kegiatan penerimaan CPNS 2019 ini akan dilaksankan pada ahkir tahun ini, kami harap kepada masyarakat Kabuapten Karimun, khususnya pemuda dan pemudi, angkatan antaran kerja, agar dapat menggunakan kesempatan yang ada dan memanfaatkan kesempatan dan peluang didepan mata. Untuk berkompetisi secara sehat dengan pemuda-pemuda lainnya dari seluruh Indonesia, yang akan berpartisipasi dalam pelaksanaan penerimaan CPNS di Kabupaten Karimun,” jelasnya.

Selain itu Pemkab Karimun juga akan terus berusaha menarik investor, membuka lapangan kerja yang baru, gencar meprmosikan sektor usaha. Dengan demikian penyerapan lapangan kerja akan terlaksana sesuai harapan dari masyarakat Kabupaten Karimun.

Diakhir upacara, Anwar Hasyim memberikan piagam penghargaan kepada pegawai yang dinilai berprestasi dan berdedikasi.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close