Breaking News

Cara Asik Bersembang Ala PKB Kabupaten Karimun

0 0

RADIOAZAM.ID – Mengisi hari-hari ditengah pandemik covid 19 sempena bulan puasa ramadhan 1441 Hijriyah ini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Karimun punya cara asik dan menarik, yang sangat sayang jika dilewatkan.

Pasalnya, satu-satunya partai dan satu-satunya DPC PKB se Indoensia yang punya inovasi dan menggagas dialog secara online, memanfaatkan fasilitas media sosial dengan cara live di akun facebook. Sehingga dapat disaksikan oleh khalayak ramai, meski tengah berada dirumah karena menjalankan anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah.

Dialog atau diskusi online tersebut dikemas dalam sebuah tema Puasa Kite Bersembang (PKB), dengan mengulas berbagai macam tema dan isu menarik yang tengah terjadi saat ini. Lalu ditayangkan secara langsung melalui akun resmi facebook milik DPC PKB Kabupaten Karimun, dengan nama Dpc Pkb Karimun.

Sebelum kegiatan tersebut dimulai, terlebih dahulu telah dilakukan launching PKB, Puase Kite Bersembang, di sekretariat DPC PKB Kabupaten Karimun Jalan H Arab Kelurahan Sungai Lakam Timur Kecamatan Karimun, Senin siang (4/5), menghadirkan tiga orang anggota DPRD Kabupaten Karimun dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yakni Ketua Fraksi Nyimas Novi Ujiani, Fakhrurrazi serta Charli Donna S. Yang tujuannya mengupas tuntas tentang PKB sebagai tema pembahasan.

Dalam launching Puase Kite Bersembang, Nyimas Novi Ujiani memaparkan agenda yang telah dikemasnya bersama tim kreatif dari para pengurus partai besutan almarhum Abrurrahman Wahid atau Gusdur itu, tetap membawa nama PKB, yang bisa diartikan sebagai nama partai lalu menyebutnya juga sekaligus sebagai nama tema kegiatan, yakni Partai Kebangkitan Bangsa dan Puase Kite Bersembang.

“Konsepnya kita diskusi online dengan tidak membawa massa atau tidak membawa jamaah. Cukup host dalam hal ini saya yang akan memandu diskusi itu, dan menghadirkan narasumber tanpa ada penonton yang datang. Siapa yang menyaksikan, ya pemirsa dirumah. Makanya kita kemas temanya semenarik mungkin, dengan jam tayang setelah sholat zuhur atau pukul 12.30 WIB,” jelas Nyimas Novi.

Ketua DPC PKB Kabupaten Karimun ini juga menjelaskan, banyak sekali narasumber telah disiapkan yang notabene merupakan kader partai potensial, serta keluarga besar dari kalangan Nahdatul Ulama (NU), untuk mengisi materi dengan berbagai macam pembahasan. Mulai dari penceramah kondang, yang kebetulan juga sebagai kader terbaik PKB yang menjabat sebagai Dewan Syuro PKB Kabupaten Karimun, KH Abdurrahman Nurani, Ketua GP Ansor Kabupaten Karimun, Ustadz Syafrizal Syam yang juga sebagai Ketua PAC PKB Kecamatan Karimun, ada Dewan Pakar Muslimat Nahdatul Ulama (Muslimat NU) Kabupaten Karimun, Maryanum Munthe.

Kemudian, akan menghadirkan pula salah seorang relawan covid 19 yang kebetulan merupakan pengurus PKB Kabupaten Karimun, Iman Pratama, termasuk juga akan menghadirkan ketua gugus tugas pencegahan dan penanggulangan covid 19 Kabupaten Karimun, dalam hal ini adalah Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Ada banyak materi yang akan dibahas secara bergantian setiap harinya, mulai dari menjelaskan soal wabah dimasa Rasulullah SAW atau masa sahabat. Kemudian pandangan pelajar yang lulus tanpa Ujian Nasional, hak tetangga yang terabaikan, kesan kuliah dengan cara online, suka duka menjadi relawan dan banyak lagi materi yang sangat menarik untuk disaksikan melalui handphone maupun PC.

Matode diskusi yang dilakukan itu, sebagai salah satu cara dan inovasi yang dilakukan PKB Kabupaten Karimun, yang sasarannya untuk semua kalangan, mulai dari mahasiswa yang kuliah secara online, sehingga perlu diketahi seperti apa kesannya, lalu para siswa seluruh jenjang, mereka lulus sekolah tanpa mengkuti proses Ujian Nasional (UN), siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang belajar dan bermain dirumah, padahal sebelum wabah covid, mereka melakukan kegiatan tersebut di sekolah bersama teman-teman dan dibimbing para guru. Para guru yang tidak lagi mengajar disekolah, tapi berinteraksi melalui ponsel dengan siswa dan walimurid, dan banyak lagi.

Nyimas Novi Menyebutkan, sengaja mencantumkan tema Bersembang yang merupakan kosakata dari bahasa Melayu, memiliki arti berbincang-bincang atau semacamnya. Karena Kabupaten Karimun notabene merupakan warga Melayu, lalu terhadap etnis lain pun bahasanya juga telah berbaur dengan dialog serta dialek Melayu, lantaran sudah terkontaminasi dengan penduduk tempatan, sehingga sudah sangat familiar jika disebutkan kosakata bersembang.

“Semua ini mau kita gali dalam bentk diskusi yang penontonnya adalah para pemirsa yang online facebook. Sehingga ini menjadi pengetahuan kita bersama, dan kesuntukan ketika cukup lama berada dirumah dijamin tidak akan terjadi lagi, karena diisi dengan hal yang positif dan bermanfaat melalui Puase Kite Bersembang,” tambahnya.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Karimun ini menambahkan, durasi siaran langsung melalui akun Facebook Dpc PKB Karimun hanya berlangsung sekitar 30 menit, sehingga bagi masyarakat Kabupaten Karimun yang ingin menyaksikan agar dapat memanfaatkan waktu yang ada, lalu dipersilahkan bertanya melalui kolom komentar dan akan dijawab oleh narasumber. Kalaupun durasi waktu sudah tidak memungkinkan, akan tetap dijawab setelah diskusi berakhir dengan cara membalas pertanyaan di kolom yang tersedia.

“Sengaja kita live siang hari setelah sholat zuhur. Karena jam tersebut masyarakat betul-betul lagi santai dan tidak terganggu dengan pekerjaan, atau belum masuk waktu mempersiapan menu buka puasa, dan waktu yang ditetapkan merupakan jam semua orang sedang memegang handphone,” ujarnya.

Rencananya, kegiatan tersebut akan terus berlanjut meski ramadhan telah usai nantinya. Dan DPC PKB Kabupaten Karimun akan mempatenkan sebagai kegiatan rutin partai yang ketua umumnya adalah Muhaimin Iskandar atau Gus Ami

“Tentu kami dari Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun juga dapat memanfaatkan live facebook ini, untuk menyapa masyarakat Kabupaten Karimun dalam menyerap aspirasi. Sampai bertemu, Puase Kite Bersembang mulai Selasa siang (5/5),” pungkasnya.(agn)

About Post Author

agn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *