KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Dinas Sosial Karimun Serahkan Bantuan Korban Bencana Yang Terjadi Tahun 2021, Sejalankan Dengan Safari Ramadhan di Kecamatan Buru

RADIOAZAM.ID – Dinas sosaial Kabupaten Karimun menyerahkan bantuan bagi lima Kepala Keluarga (KK), yang menjadi korban bencana pada tahun 2021 lalu di Kecamatan Buru, Rabu (6/4/2022).

Penyerahan dilaksanakan disela kegiatan safari ramadhan rombongan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, berlokasi di Dusun Pelakar Desa Tanjungbatu Kecil Kecamatan Buru.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Muhammad Tang mengatakan, musibah yang sempat dialami terhadap lima KK penerima bantuan, antara lain, musibah angin puting beliung, tertimpa pohon, tersambar petir dan kebakaran.

“Dari lima KK ini, dua KK di Kelurahan Lubuk Puding, satu KK di Kelurahan Buru dan dua KK di Desa Tanjungbatu Kecil. Bantuan yang kita serahkan ini bersumber dari pusat melalui Kementerian Sosial dan digabung dari APBD Kabupaten Karimun,” jelas Muhammad Tang.

Adapun jenis bantuan yang di distribusikan adalah, peralatan dapur, peralatan makan minum, tikar, selimut,
matras yang semuanya dari Kementerian Sosial. Sedangkan dari APBD Kabupaten Karimun berupa bantuan makanan cepat saji, kajang hijau dan beras.

“Total penerima bantuan sebanyak 15 jiwa terdampak atas musibah yang dialami terhadap lima KK tersebut. Sebelum adanya bantuan ini, sementara mereka memanfaatkan bantuan dari para dermawan dan masyarakat, yang memang melakukan penggalangan dana, yang difasilitasi oleh aparat pemerintah setempat, dalam hal ini Kecamatan, Kelurahan dan Desa masing-masing,” tambah Muhammad Tang.

Dia mengatakan, bantuan yang diserahkan memang sebelumnya telah diusulkan oleh pihak Kecamatan saat terjadinya musibah, berupa permintaan bantuan logistik untuk korban bencana.

“Bantuan yang kita serahkan tidak hanya di Kecamatan Buru, tapi juga tersebar di hampir semua Kecamatan.
Sehingga setiap jadwal safari ramadhan, maka kita sejalankan dengan pendistribusian bantuan bagi masyarakat yang terkena musibah,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Buru, Hendra mengatakan, langkah awal yang telah dilakukannya sebelum adanya bantuan dari pemerintah, yakni menggalang bantuan dari para donatur, termasuk dari masyarakat setempat untuk membantu warga yang terkena musibah.

“Alhamdulillah tidak ada korban bencana dari musibah yang dialami terhadap lima KK ini,” katanya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close