KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Dishub Kepri Segera Perbaiki Pelabuhan Ungar Yang Ambruk, Hasil Tinjauan Bersama Komisi III DPRD Kepri

Dari Hasil Laporan Anggota DPRD Karimun Dapil Kundur Fakhrurrazi ke Provinsi

RADIOAZAM.ID – Dinas Perhubungan Provinsi Kepri memastikan segera memperbaiki jembatan penghubung ponton Pelabuhan Alai Kecamatan Ungar yang ambruk pada Senin kemarin (17/1/2022), dengan menggunakan anggaran dari APBD Provinsi Kepri tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Kepri, Junaidi pun sudah turun langsung meninjau kondisi Pelabuhan Alai Kecamatan Ungar, pada Kamis siang (20/1/2022), dengan memboyong parang anggota DPRD Provinsi Kepri Komsisi III, termasuk membawa konsultan untuk memastikan kondisi sebenarnya.

“Dari hasil tinjauan ini memang diperlukan adanya jembatan baru menuju ponton,” ujar Junaidi usai melakukan tinjauan.

Junaidi menjelaskan, Dishub Kepri memang telah menganggarkan perawatan Pelabuhan Alai Kecamatan Ungar untuk tahun 2022.

Hal tersebut pun telah disetujui DPRD dan disahkan pada pengesahan APBD Murni Pemprov Kepri tahun 2022. Sehingga apa yang diharapkan masyarakat juga sejalan dengan apa yang telah diusulkan.

“Perbaikannya jadi nanti sambil berjalan jika ada yang kurang akan dilengkapi dalam penganggaran untuk APBD Perubahan tahun ini. Dalam tinjauan ini juga kita bawa konsultan dari Provinsi, sehingga langsung dibuatkan Detail Engineering Design (DED) sesuai yang dibutuhkan,” jelas Junaidi lagi.

Camat Ungar, Suzandra mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih, atas gerak cepat dari Dinas Perhubungan Provinsi Kepri bersama DPRD Provinsi Kepri, dalam upaya perbaikan jembatan penghubung Pelabuhan Alai di Kecamatan Ungar.

Tinjauan jembatan penghubung Pelabuhan Alai Kecamatan Ungar yang ambruk oleh Komisi III DPRD Kepri dan Dishub Provinsi Kepri

“Mudah-mudahan dari tinjauan Pemprov Kepri bersama DPRD Kepri dapat segera dikerjakan perbaikan Pelabuhan Alai Kecamatan Ungar ini,” harap Suzandra.

Turut hadir dalam tinjauan itu Ketua Komisi III DPRD Kepri, Widiastadi Nugroho serta beberapa anggota Komisi III DPRD Kepri seperti Nyanyang Haris Pratamura, Sahmadin Sinaga, Hadi Candra, Yusuf, anggota DPRD Kepri Dapil Karimun Edy Suwandi dan serta Sektetaris Dinas Perhubungan Karimun, Afriyan.

Seperti diberitakan, baru saja dikabarkan tiang penghubung jembatan pada ponton Pelabuhan Alai Kecamatan Ungar patah, kini jembatan tersebut telah ambruk dan tidak ada lagi penghubung untuk turun ke pelabuhan ponton, pada Senin sore (17/1/2022).

Kondisi ini langsung direspon oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun dari Dapil III (Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Belat dan Ungar), Fakhrurrazi. Dia langsung berkoordinasi dengan semua unsur terkait yang dapat dikondisikan agar pelabuhan tersebut dapat segera diperbaiki.

“Jembatan atau tangga sebagai penghubung menuju pelabuhan ponton sudah rubuh tadi sore, saya langsung berkoordinasi dengan Anggota DPRD Provinsi Kepri dari Dapil Karimun, agar dapat mengkondisikan ke Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, karena pelabuhan ini milik Provinsi,” kata Fakhrurrazie melalui sambungan ponselnya, Senin malam (17/1/2022).

Dari hasil komunikasinya dengan berbagai pihak, pelabuhan yang telah ambruk itu kemudian mendapat respon dari Dinas Perhubungan Provinsi Kepri untuk segera diperbaiki.

“Sudah diusulkan agar dapat menggunakan dana tanggap darurat, sehingga tidak perlu menunggu perencanaan atau usulan terlebih dahulu. Karena ini sifatnya darurat, maka kita minta dapat menggunakan dana tersebut. Anggota DPRD Provinsi dari Darpil Karimun yang duduk di Komisi III bersama dengan kita di DPRD Karimun, akan sama-sama mendorong agar pelabuhan ini dapat segera diperbaiki. Alhamdulillah dalam komunikasi awal tadi, Dishub Provinsi mengaku akan segera turun dan segera diperbaiki,” terangnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Karimun ini juga mengaku, akan terus mendesak pihak terkait agar dapat segera diperbaiki, karena mengingat tinggal dua bulan lebih akan memasuki bulan suci ramadhan. Sehingga mobilitas masyarakat akan lebih meningkat dalam menggunakan pelabuhan untuk menyeberang mencari kebutuhan rumah tangga.

Dikatakan Fakhrurrazi, laporan detail kondisi pelabuhan Ungar juga telah disampaikan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, termasuk mengirimkan foto2 ambruknya jembatan penghubung.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close