Breaking News

DPD KNPI Karimun Gelar Segudang Kegiatan, Sempena Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan

0 0

RADIOAZAM.ID – Pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karimun bakal menggelar berbagai macam rangkaian kegiatan dalam tiga pekan kedepan, untuk memeriahkan peringatan hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan di Kabupaten Karimun.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Karimun, Raden Richky Dwi Muhardi mengatakan, setelah dilantik pada awal Oktober kemarin, maka DPD KNPI Kabupaten Karimun langsung tancap gas menggelar berbagai macam kegiatan. Persiapan yang matang pun telah dilakukan, untuk melancarkan seluruh kegiatan yang akan digelar.

Kegiatan perdana pasca pelantikan pengurus DPD KNPI menurut Richky antara lain, mulai dari berbagai macam lomba bagi masyarakat umum serta organisasi kepemudaan (OKP), pelajar, mahasiswa dan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Karimun.

“Seluruh rangkaian kegiatan dan lomba-lomba, adalah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan tahun 2022. Yang akan dilaksanakan sejak 22 Oktober sampai 13 November,” ujar Richky, Selasa (25/10/2022).

Sementara, Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Karimun, Efrian Santana menambahkan, DPD KNPI Kabupaten Karimun akan ikut berperan dalam membangun daerah, tentunya dengan jalur dan peran masing-masing.

“Sehingga dalam hal ini, DPD KNPI Kabupaten Karimun memiliki peran sangat penting, dalam dalam pembangunan serta menjaga kondisivitas daerah,” ungkap Efrian.

Adapun tujuan dari kegiatan dan lomba-lomba yang dilaksanakan menurutnya adalah, untuk membantu pemerintah dalam upaya membangun generasi milenial Karimun yang kreatif, inovatif dan mandiri berjiwa enterpreneur.

Efrian juga merincikan berbagai macam kegiatan atau lomba-lmba, yang dilaksanakan DPD KNPI Kabupaten Karimun antara lain, Lomba Video Kreatif Potensi Karimun, yang mengusung tema Usaha Mikro dan Kecil Menengah, pariwisata, perdangangan dan industri, pertanian serta perikanan.

Dalam lomba ini, sudah dibuka pendaftaran sejak 22 Oktober kemarin dan akan ditutup hingga 9 November 2022. Dilanjutkan pada proses seleksi mulai 10 sampai dengan 12 November 2022, dan pengumuman pemenang akan disampaikan pada 13 November 2022.

Lomba selanjutnya adalah Cover Lagu, dengan beberapa judul pilihan yang telah ditentukan panitia. Pendaftaran telah dibuka sejak 22 Oktober dan ditutup pada 9 November 2022, sehingga panitia akan melakukan penilaian video cover lagi dari para peserta pada 10 sampai 12 November, kemudian pemenang akan diumumkan pada 13 November 2022.

Tidak hanya itu, DPD KNPI Kabupaten Karimun juga menggelar lomba bagi para pengusaha, dalam bentuk Lomba Ide Usaha Digital Enterprener Proposal. Tema dari isi proposal yang diperlombakan adalah Ide Usaha Bermuatan Teknologi Berbagai Bidang, sosial, budaya, kuliner, tanaman, hewan dan lainnya. Pendaftaran telah dibuka pada Senin kemarin (24/10/2022) dan ditutup pada 2 November 2022. Pengumuman finalis dilakukan pada 5 November 2022, presentase finalis pada 12 November 2022 dan pengumuman pemenang pada 13 November 2022.

Berikutnya adalah, kegaitan Bhakti Pemuda, yang dikemas dalam bentuk bakti sosial, yang dipusatkan di Desa Pongkar Kecamatan Tebing, pada Sabtu pekan depan (5/11/2022) mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Selanjutnya, Youth Expo, berupa kegiatan Lomba Masakan Melayu yang pesertanya adalah PKK Kecamatan se Kabupaten Karimun, Festival Jajanan Melayu, Lomba Akustik, Lomba Mewarnai bagi anak-anak usia 6 sampai 9 tahun.

“Ada kegiatan yang tak kalah serunya pada 12 dan 13 November 2022, yang berlokasi di Coastal Area, yakni Bazar UMKM dengan jumlah 40 stand, disejalankan dengan cek kesehatan dan donor darah, kemudian penghargaan dan penganugerahan pemuda inspiratif, penanugerahan BANK Pendukung UMKM Terbaik,” kata Efrian lagi.

Segudang kegiatan itu menurutnya, bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang bermoral, berintelektual, mandiri secara ekonomi, kreatif dan disiplin, serta membangun dan menggali kembali jiwa entrepreneurship yang dapat menciptakan peluang usaha di masyarakat.

“Kita berusaha menyentuh semua sektor dan secara bertahap, termasuk juga merangkul usahawan se-Kabupaten Karimun, dalam rangka membantu pemerintah mengentaskan masalah kemiskinan di Kabupaten Karimun,” pungkasnya.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *