KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Dua Siswa SMKN Kundur Raih Juara II Nasional Pada Ajang Fiksi Tahun 2022

Ciptakan KOMPLIT, Berupa Olahan Limbah Tebu dan Batang Pisang Dijadikan Pupuk

RADIOAZAM.ID – SMK Negeri Kundur Kabupaten Karimun menorehkan prestasi yang membanggakan nama Kepulauan Riau dan Kabupaten Karimun tentunya. Dengan berhasil meraih juara 2 tingkat nasional, pada ajang Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2022.

Pelajar kebanggaan asal Kabupaten Karimun ini diwakili oleh Abdul Ikhlas Rezeki Arafat selaku ketua tim, dia merupakan siswa kelas XI Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan, serta Misri sebagai anggota, yang merupakan siswi kelas XII Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan.

Kedua pelajar tersebut berhasil menciptakan sebuah inovasi, yang diberinama KOMPLI, berupa pengolahan limbah tebu dan batang pisang menjadi pupuk.

Guru pembimbing siswa SMKN Kundur, Harja Saputra mengatakan, FIKSI SMK adalah perlombaan di bidang inovasi dan wirausaha, yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Pusresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Alhamdulillah tahun ini anak kami bisa menjadi juara. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami. Untuk menempati juara kedua tingkat nasional tentunya bukan pekerjaan mudah, dan tidak mudah pula untuk mempertahankan eksistensi serta prestasi sekolah, yang saingannya sebanyak ini. Semoga tahun depan, bisa lebih dari sekarang,” harap Harja, Jumat (18/11/2022).

Harja menjelaskan, dalam ajang tersebut mempertemukan seluruh siswa SMK, sekolah tersebut telah mengikuti ajang yang sama sejak tahun 2020 dengan cara daring, para siswa berkompetisi terkait dengan rencana usaha dan pengembangan usaha yang bisa dikembangkan.

Dikatakan Harja, untuk tahun ini FIKSI SMK dilaksanakan dalam tiga babak pertandingan. Tahap pertama adalah menjaring semua proposal yang masuk dari seluruh SMK se Indonesia, kemudian dipilih 30 besar untuk masuk ke tahap kedua, yang kemudian diseleksi kembali untuk 10 besar menuju babak final.

“Tahun 2021 kami juga masuk final di bidang teknologi digital (KuTani), namun belum berkesempatan menang. Tahun 2022 ini kami mengutus empat tim yang berhasil sampai semi final, sehingga inovasi dari tim KOMPLIT ini yang masuk babak final dan berhasil meraih juara II tingkat nasional,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim FIKSI Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2022 Dari SMKN Kundur, Abdul Ikhlas Rezeki Arafat mengatakan, inovasi yang berhasil mengantarkannya bersama rekannya sebagai juara, diberi nama KOMPLIT.

“Arti dari KOMPLIT adalah, produk kompos olahan terbuat dari batang pisang dan limbah tebu, yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi pupuk,” kata Abdul Ikhlas.

Dia berharap, agar inovasi KOMPLIT yang merupakan produk dari SMKN Kundur dapat diproduksi secara massal, sehingga menjadi alternatif kompos pemasok pupuk organik di Pulau Kundur, untuk membantu masyarakat petani.

Adapun tahapan babak Final FIKSI SMK dilaksanakan secara daring sejak 14 November 2022, dan ditutup secara resmi pada 17 November 2022, oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close