KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Ekstrakurikuler Panahan SMPIT Darul Mukmin Cetak Pemanah Handal

Mampu Bersaing se Kepri Jadi Yang Terbaik

RADIOAZAM.COM – Meski masih terbilang baru dan belum familiar di masyarakat Kabupaten Karimun, olah raga panahan ternyata mampu mencetak atlet berprestasi yang handal, di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Darul Mukmin.

Hal itu terbukti pada beberapa event bergengsi ditingkat Provinsi Kepri. Beberapa siswa dari SMPIT Darul Mukmin berhasil menorehkan prestasi yang cukup membanggakan meski belum berhasil merebut medali emas.

Guru SMPIT Darul Mukmin, Saiful Hidayat yang juga sebagai pelatih panahan mengatakan, prestasi yang pernah diraih siswa SMPIT Darul Mukmin yakni, tahun 2016 lalu siswanya pernah meraih medali perak untuk kategori panahan putra dan putri, dalam ajang lomba memanah tingkat SMP Islam terpadu se-Kepulauan Riau.

Kemudian tahun 2017 satu medali perunggu berhasil direbut oleh pelajar SMPI Darul Mukmin pada tingkat pemula putri, dalam event Panahan se-Kepulauan Riau yang digelar BIFZA Archery dan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Batam.

“Pada saat itu, siswa kita mewakili Perpani Kabupaten Karimun sebagai induk organsiasi panahan di daerah. Sebuah permulaan yang hasilnya luar biasa, dimana salah satu ekstrakurikuler di SMPIT Darul Mukmin mampu menyumbangkan prestasi bagi sekolah,” ungkapnya.

Hingga saat ini, ekstrakurikuler panahan masih terus dilestarikan dan menjadi salah satu keharusan bagi siswa untuk mengikutinya, yang dijadwalkan setiap pekannya pada Sabtu pagi di lingkungan SMPIT Darul Mukmin.

Dikatakan Saiful, olahraga dalam melepaskan anak panah dari busurnya menuju sasaran tertentu ini, dinilai dapat melatih konsentrasi, ketenangan dan keberanian mengambil keputusan untuk meraih kemenangan.

“Dibutuhkan ketenangan, fokus, keberanian dan pada akhirnya akan meraih kemenangan,” tambahnya.

Terpisah, Kepala SMPIT Darul Mukmin, Nurman Anka Saputra mengatakan, sebagai salah seorang pengurus Perpani Kabupaten Karimun di bidang pembinaan prestasi, dia bertekad mencetak pemanah handal yang dimulai dari SMPIT Darul Mukmin.

Katanya, olahraga panahan di Kabupaten Karimun mulai digagas pada 2016 silam. Yang bekerjasama dengan Karimun Archery Club dan bertekad membumikan olahraga panahan, serta menghadirkan prestasi dibumi berazam ini.

“Kita berharap, ekstrakurikuler panahan dapat lebih berkembang, kita juga mendorong para siswa siswi untuk dapat lebih serius dan juga bisa memiliki peralatan panahan sendiri. Memang peralatan panahan yang standar saja tentu harganya tidak murah. Namun insyaAllah pasti akan sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan” tambahnya.

Disebutkan Nurman, panahan merupakan salah satu olah raga yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW selain berenang dan berkuda. Sehingga ekstrakurikuler tersebut dinilai memiliki banyak keutamaan bagi para siswanya di SMPIT Darul Mukmin.

Pantauan dari kegiatan ekstrakurikuler panahan, para siswa dan siswi yang mengikuti panahan sangat enjoy dan bergembira bersama, dalam setiap sesi latihan yang langsung dilatih oleh guru yang membidangi, Saiful.

Sebelum panahan dimulai, terlebih dahulu dilakukan peregangan otot, latihan gerakan inti panahan, dilanjutkan dengan praktek memanah, analisis hasil rambahan, scoring dan simulasi pertandingan. Dalam sesi simulasi pertandingan nanti, didapatkan sang pemenang point tertinggi dalam ekskul hari tersebut.(nas)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close