Breaking News

FK-PKBM Kabupaten Karimun Gelar Musda, Khalil Langsung Dilantik Jadi Ketua

0 0

RADIOAZAM.ID – Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Kabupaten Karimun menggelar Musyawarah Daerah (Musda), dan dalam Musda tersebut terpilih sebagai Ketua adalah Khalil, untuk periode 2022-2026.

Setelah dipercaya sebagai Ketua FK-PKBM Kabupaen Karimun periode 2022-2026 dalam Musda yang digelar di Hotel Alishan pada Minggu kemarin (18/12/2022), Khalil kemudian langsung di lantik oleh Ketua Pengurus Wilayah FK-PKBM Provinsi Kepri, Azmanto pada malam harinya, disaksikan Asisten I Pemkab Karimun, Sularno, Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani, Kadisdik Kabupaten Karimun Sugianto dan para pejabat serta tamu undangan lainnya.

“Selamat kepada para pengurus FK-PKBM yang telah dilantik, semoga dapat memajukan PKBM kedepan menjadi lebih baik lagi,” ujar Ketua Pengurus Wilayah FK-PKBM Provinsi Kepri, Azmanto dalam amanat pelantikannya.

Azmanto berharap, dari para pengelola PKBM yang tergabung didalam FK-PKBM hendaknya dapat lebih menyatukan visi misi dan kebersamaan, sehingga tujuan yang ingin diraih dapat tercapai dengan mudah.

Sementara itu, Ketua FK-PKBM Kabupaten Karimun, Khalil, yang baru saja di lantik, menyampaikan beberapa poin kesepakatan yang dihasilkan dalam Musda FK PKBM Kabupaten Karimun. Diantaranya, para pengelola atau pihak yang terlibat didalam PKBM merupakan para tutor lepas.

“Artinya, tutor di PKBM ini ada yang merupakan guru dan berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) serta mengajar di sekolah-sekolah formal. Saat ini kami sedang memperjuangkan teman-teman untuk mendapatkan insentif bagi tutor lepas yang bukan ASN atau honorer Pemda. Kami akan buat kertas kerja atau usulan ke Dinas Pendidikan secara rinci, tentang jumlah tutor yang sudah mendapatkan insentif maupun yang tutor lepas,” ucap Khalil.

Tak kalah pentingnya kata Khalil lagi, saat ini PKBM merasa kewalahan dalam format menggunakan Dapodik, karena data-data yang dikelola menggunakan operator sekolah.

“Kami menggunakan operator dari seklah, namun kendala dan tantangan kami adalah, para operator sekolah yang dengan kesibukannya sehingga tidak dapat maksimal di PKBM,” kata Khalil.

Foto bersama, pengurus FK-PKBM yang telah dilantik dengan para tamu undangan, Minggu malam (18/12/2022) di Hotel Alishan Karimun

Rencananya kata Khalil, FK PKBM akan melaksanakan kerjasama dengan dunia usaha, karena selama ini belum pernah didapat dana bantuan ataupun Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan manapun.

FK-PKBM menurut Khalil, mewadahi seluruh PKBM yang ada di Kabupaten Karimun. Keberadaannya tampak di masyarakat.

“Konsep PKBM ini menuntaskan yang tidak tuntas, apa yang dilakukan oleh teman-teman PKBM di masyarakat ini awalnya bergerak tanpa pamrih, artinya ini betul-betul suatu hal yang luar biasa. Karena keberadaan PKBM ini langsung menyentuh masyarakat,” tambah Khalil.

Pada mulanya kata Khalil lagi, program PKBM adalah pendidikan kesetaraan yakni yang sudah berusia diatas 21 tahun, dan ingin mengikuti paket A, B dan C.

“Seiring berjalannya waktu, dengan banyaknya angka putus sekolah waktu itu, maka keberadaan PKBM inilah yang merupakan gerakan membantu kesetaraan, artinya usia-usia sekolah yang sebenarnya menjadi tugas kita semua dalam mendidik,” terang Khalil lagi.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Karimun, Sularno mengucapkan selamat kepada pengurus FK-PKBM Kabupaten Karimun terpilih dan telah dilantik.

“Kita dari pemerintah daerah tidak akan tutup mata. Bagaimanapun juga PKBM ini adalah mitra bagi pemerintah. Dalam arti kata turut membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), yang cakupannya tidak hanya sebatas pendidikan saja,” ujar Sularno.

Karena menurutnya, PKBM bisa merambah kepada persoalan sosial, kebudayaan dan ekonomi, sehingga tidak hanya pada urusan pendidikan.

“Dalam hal urusan ekonomi, budaya dan sosial tentu perlu diikutsertakan. Walaupun memang PKBM ini lebih menonjol tentang pendidikan non formal, tapi tidak menutup kemungkinan bisa kebidang yang lain. Maka dari itu, mari para PKBM yang ada di Kabupaten Karimun kita bisa bersama-sama untuk bersinergi,” pungkas Sularno.

Pada pelantikan FK-PKBM Kabupaten Karimun itu, disejalankan juga dengan pelantikan FK-PKBM Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *