KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Gubernur Kepri Buka STQ Kabupaten Karimun ke XIII, Rencanakan Syiar Al-Quran Bersama Para Bupati dan Walikota

133 Qori dan Qoriah Utusan 12 Kecamatan Siap Bertanding

RADIOAZAM.ID – Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka secara resmi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Karimun ke XIII tahun 2021, yang digelar di Islamic Centre Tanjungbatu Kecamatan Kundur, Selasa (16/3).

Dalam pelaksanaannya, STQ Kabupaten Karimun ke XIII diikuti sebanyak 133 qori dan qoriah terbaik utusan dari 12 Kecamatan se Kabupaten Karimun.

Sebagai orang nomor satu di Provinsi Kepri, Ansar Ahmad berencana akan mensyiarkan Al-Quran secara menyeluruh di Provinsi Kepri, dengan mengajak atau melibatkan seluruh Bupati dan Walikota.

“Seluruh Bupati dan Walikota di Kepri ini akan saya ajak, untuk sama-sama terus mensyiarkan Al-Quran, melalui instansi-instansi pemerintahan,” sebut Ansar dalam sambutannya.

Karena menurut dia, Al-Quran adalah rujukan bagi kita semua untuk menuju kebahagiaan yang hakiki. Maka kita punya kewajiban untuk mendorong generasi penerus agar dibina pada lembaga atau pendidikan Quran, juga mendorong pusat-pusat kajian Al-Quran.

Dalam kesempatan Ansar juga mengatakan, pelaksanaan STQ bukan hanya sebatas bertanding, melantunkan ayat Al-Quran dan mengharapkan prestasi. Tapi lebih jauh dari itu adalah, agar dapat menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya dengan Al-Quran.

“Dimanapun kita berada dan apapun profesinya, kita punya kewajiban merealisasikan nilai-nilai Al-Quran ditengah masyarakat. Ketika itu dilakukan, insyaallah negeri tercinta ini akan dapat keberkahan,” kata Ansar.

Sehingga Ansar mengajak seluruh umat Islam, agar dapat menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup. Kitab suci agama Islam itu merupakan solusi bagi umat dan benteng bagi kita semua.

“Ketika kita terapkan nilai-nilai qurani ditengah-tengah masyarakat, maka kita bisa membentengi segala hal. Artinya, kalau kandungan dan makna dari Al-Quran sudah di realisasikan, maka segala persoalan bisa diatasi dengan mudah,” ucapnya.

Menurut Ansar, meski saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun masyarakat dihimbau untuk tidak mengurangi semangat dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Quran

“Mari semarakkan STQ Kabupaten Karimun ini, dengan tidak mengurangi semangat dalam memperbaiki kualitas diri kita masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pelaksanaan STQ tingkat Kabupaten Karimun ke XIII di Kecamatan Kundur, bertujuan untuk melahirkan qori dan qoriah terbaik di tingkat Kabupaten Karimun, yang nantinya akan diikutsertakan menjadi utusan dari kafilah Kabupaten dalam ajang STQ tingkat Provinsi Kepri.

Dikatakan Rafiq, pembinaan qori dan qoriah di Provinsi Kepri termasuk Kabupaten Karimun tidak diragukan lagi, bahkan sudah mampu menghasilkan qori nasional dan internasional.

“Qori terbaik juara dua tingkat nasional di Provinsi Kepri merupakan utusan dari Kabupaten Karimun. Ini sebagai salah satu bukti bahwa pembinaan yang dilakukan betul-betul serius,” ucap Rafiq.

Menurut Rafiq, pelaksanaan STQ bukan hanya sebagai syiar Islam, tapi lebih jauh dari pada itu adalah, keteladanan para pemimpin, para orang tua dan guru terhadap anak-anak, yang sering kali menjadi tolak ukur bagi masyarakat. Sehingga pedoman dari itu semua ada pada Al-Quran.

Seperti diketahui, pelaksanaan STQ Kabupaten Karimun ke XIII dilangsungkan selama empat hari, terhitung sejak Senin kemarin (15/3) dan ditutup pada Kamis malam (18/3).

Sehari setelah dimulainya pertandingan lebih dulu, baru setelahnya dibuka secara resmi oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, pada Selasa malam (16/3).

Selama kegiatan berlangsung, sejak awal tidak ada keriuhan pawai takruf dan pameran stand bazar seperti tahun lalu, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Bahkan masyarakat pun tidak dibenarkan datang ke lokasi acara pada saat pembukaan dan penutupan, agar tidak terjadi kerumunan massa yang tidak terkendali.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close