KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Gubernur Kepri Mengaku Sudah Kendalikan Inflasi Jauh Hari Sebelum Kenaikan Harga BBM, Saat Rapat Secara Daring Dengan Presiden

RADIOAZAM.ID – Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, Pemprov Kepri sudah melakukan upaya pengendalian inflasi di daerah, jauh hari sebelum naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Hal itu disampaikan Ansar saat mengikuti rapat pengendalian inflasi bersama kepala daerah, yang dipimpin Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara virtual dari Batam, Senin (12/9/2022).

“Jauh sebelum kenaikan BBM Pemprov Kepri telah melakukan upaya pengendalian inflasi di daerah, salah satunya dengan rutin menggelar operasi pasar murah di beberapa Kabupaten dan Kota,” ujar Ansar.

Menurutnya, Pemprov Kepri terus memastikan ketersediaan bahan pangan murah melalui operasi pasar. Baru-baru ini juga sudah dilakukan di Kabupaten Natuna, sebagai upaya untuk mengintervensi harga.

Saat ini lanjut Ansar, dengan adanya kenaikan harga BBM dia langsung mengambil langkah tegas, untuk mengontrol kenaikan tarif transportasi laut di Kepri, agar tidak memberatkan masyarakat.

Sehingga ditetapkan tarif tersebut melalui Keputusan Gubernur Kepri nomor 1065 tahun 2022, tentang tarif angkutan penumpang umum dalam negeri antar Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

“Kita tetapkan kenaikan tarif jangan lebih dari 20 persen, kita sama-sama kendalikan inflasi di daerah, karena transportasi itu penyumbang inflasi terbesar juga di Kepri. Jadi kalaupun harus naik, jangan sampai memberatkan masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Presiden Joko Widodo dalam rapat secara virtual tersebut menjelaskan, pemerintah menargetkan besaran inflasi dapat ditahan di bawah lima persen pada tahun ini. Oleh karena itu, dia meminta pemerintah mulai dari pusat hingga daerah agar bekerjasama, untuk dapat menekan laju inflasi secara maksimal.

“Imbas kenaikan harga BBM diperkirakan akan memicu kenaikan inflasi sebesar 1,8 persen. Dan ini yang kita tidak mau,” ujar Jokowi.

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota, agar dapat bersama-sama dengan pemerintah pusat bekerja secara serentak seperti saat mengatasi Covid-19.

“Saya yakin insyaallah bisa kita lakukan, sehingga inflasi di tahun ini kita harapkan bisa dikendalikan dibawah lima persen,” perintahnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close