KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Gubernur Kepri Nilai Harga Tiket Kapal Dari Kepri ke Singapura Sangat Mahal, Khawatir Wisatawan Beralih Mencari Destinasi ke Tempat Lain

Tanjungpinang-Singapura Tembus Harga Rp1 Juta

RADIOAZAM.ID – Gubernur Kepri Ansar Ahmad khawatir dengan melambungnya harga tiket kapal fery internasional, tujuan Harbour Front Singapura yang kini dibandrol Rp800 Ribu hingga Rp1 Juta, akan berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (wisaman) di Provinsi Kepri.

Dikatakan Ansar, jika harga tiket kapal tak kunjung diturunkan maka wisatawan dikhawatirkan akan berpindah ke daerah lain dengan harga tiket perjalanan yang masih terjangkau.

Oleh karena itu kata Ansar, dia pun telah melakukan pertemuan khusus dengan agen atau operator kapal fery, yang melayani rute Kepri-Singapura di Batam pada Selasa kemarin (14/6/2022). Tujuannya adalah agar dilakukan penyesuaian tarif harga tiket kapal tujuan pelayaran Kepri-Singapura.

Ansar pun telah mengirimkan surat kepada Kementeri Perhubungan RI dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut RI, karena saat ini harga tiket yang begitu tinggi sedangkan sebelum pandemi Covid-19, harga tiket masih terjangkau yakni Rp500 ribu untuk pulang pergi Kepri-Singapura, namun kini jadi Rp800 ribu dan Rp1 juta jika dari Tanjungpinang.

“Makanya kita kumpulkan para operator kapal untuk membicarakan harga tiket ini. Saya khawatir dengan harga tiket yang tinggi akan memberatkan masyarakat ataupun wisman, sehingga menyebabkan mereka memilih lokasi tujuan dengan harga tiket yang lebih murah,” ucap Ansar, Senin (20/6/2022).

Lebih lanjut Ansar mengatakan, perlunya penyesuaian harga tiket agar percepatan pertumbuhan pariwisata di Kepri dapat lebih cepat.

“Kalau tiket masih relatif mahal, maka orang bisa ke tempat lain, seperti Johor-Kuala Lumpur atau naik pesawat ke Hong Kong, dengan paket-paket tertentu dan tiketnya sangat murah,” ujarnya.

Usai dari pertemuan yang telah dilakukan beberapa hari lalu, Ansar kemudian melayangkan surat resmi kepada empat agen kapal ferry, yang melayani rute Kepri-Singapura. Diantaranya agen pelayaran Horizon, Sindo, Majestic, dan Batam Fast.

Dalam surat tersebut, Ansar meminta keempat operator ferry tersebut melakukan penyesuaian penurunan tarif penumpang angkutan laut luar negeri atau internasional.

Salah satu dasar dari permintaannya agar harga tiket dapat diturunkan menurut Ansar, mengacu pada undang-undang Republik Indonesia nomor 17 tahun 2008, tentang pelayaran pasal 35 ayat (3), dan dalam rangka menciptakan tarif penumpang angkutan laut luar negeri yang efisien serta terjangkau, bagi pengguna jasa di wilayah Kepri.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close