KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Gubernur Kepri Nyalakan Aliran Listrik di Desa Bayat Kabupaten Kepulauan Anambas

RADIOAZAM.ID – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menunjukkan komitmennya dalam program Kepri Terang, yang saat ini terus digesa. Salah satunya menyalakan skring listrik dirumah warga yang telah dialiri listri dari mesin pembangkit, di Desa Bayat Kecamatan Palmatak Kabuapten Kepulauan Anambas, Kamis (14/7/2022).

Dalam kesempatan itu Ansar mengatakan, Desa Bayat termasuk dalam desa berlistrik di Kepri tahun 2021, melalui program Kepri Terang. Fasilitas mesin diesel Deutz F10L413F yang telah disediakan, menghasilkan daya 100 kW, yang menerangi rumah 158 Kepala Keluarga (KK).

“Aliran listrik yang sudah bisa dinikmati saat ini selama 14 jam, menyala sore hari dari pukul 17.00 WIB dan mati pada pagi hari pukul 07.00 WIB,” ungkap Ansar.

Menurut Ansar, secara bertahap ia ingin menuntaskan program Kepri Terang, sehingga warga bisa melakukan lebih banyak aktifitas, terutama anak-anak dalam melaksanakan belajar pada malam hari.

“Selain di Desa Bayat, ada delapan Desa lain di Kabupaten Kepulauan Anambas yang sudah menikmati aliran listrik. Diantaranya, Desa Sunggak, Desa Air Putih, Desa Serat, Desa Lingai, Desa Mujan, Desa Kiabu, Desa Mengkait, dan Desa Telaga,” ujarnya.

Dalam hal ini, tidak hanya Kabupaten Kepulauan Anambas, di Kabupaten Karimun juga sudah tersedia sarana penerangan dalam program Kepri Terang. Diantaranya Desa Degong, Desa Selat Mie, Desa Ngal, dan Desa Semembang. Kemudian di Kabupaten Lingga baru ada satu Desa yakni desa Busung Panjang.

Ansar mengaku, akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menuntaskan Kepri Terang. Termasuk dengan SKK Migas di Anambas, agar menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mengaliri listrik ke Desa-Desa berikutnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kita juga akan coba tingkatkan lagi jam nyalanya, yang masih tujuh jam kita tambah jadi empat belas jam, yang empat belas jam kita coba penuh dua puluh empat jam, kita nanti bahas bersama PLN,” kata Ansar.

Dengan semakin bertambahnya desa berlistrik di Kepri melalui program Kepri Terang, Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Provinsi Kepri saat ini telah mencapai 93,75 persen, dan rasio elektrifikasi PLN sebesar 98,65 persen.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close