KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Ini Cara Ampuh Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing Tekan Angka DBD, Ada Gerakan Sepeda Serai di Semua Rumah Warga

RADIOAZAM.ID – Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing punya cara tersendiri dalam menekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) serta mengusir nyamuk, yakni dengan memperbanyak tanaman serai yang berfungsi untuk mengusir nyamuk, program tersebut kemudian diberi nama Gerakan Sepeda Serai, yang artinya Setiap Pekarangan Ada Serai.

Lurah Harjosari Kecamatan Tebing, Said Faisal Nugraha mengatakan, Gerakan Sepeda Serai tercetus ketika kasus DBD di kelurahannya mengkhawatirkan, bahkan sudah merenggut satu nyawa yang meninggal dunia karena DBD belum lama ini.

Atas kondisi itu maka dilakukan pencanangan penanaman senai dalam Gerakan Sepeda Serai, yang dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karimun, Raja Asmah Aunur Rafiq di Alor Jongkong tepatnya di RW 004 Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing pada Kamis kemarin (15/9/2022), yang disejalankan dengan pendataan dasawisma.

Menurut Said, data kasus DBD di Kelurahan Harjosari berkisar delapan orang, bahkan baru-baru ini satu orang diantaranya meninggal dunia. Sehingga dalam mengatasi agar tidak bertambahnya korban akibat DBD, dilakukan sebuah gerakan mengajak masyarakat untuk menanam serai di setiap pekarangan rumah.

“Kita tahu nyamuk tidak suka dengan bau tanaman serai, maka dari itu Kelurahan Harjosari bersama ibu-ibu PKK mengambil langkah dengan melibatkan masayrakat, agar masalah DBD ini dapat segera dicegah bersama-sama dengan menanam serai, disamping pantauan dari Juru Pemantau Jentik (Jumantik), fooging dan lainnya,” ujar Said, Jumat (16/9/2022).

Dalam pencanangan Gerakan Sepeda Serai kata Said, masyarakat sangat merespon dengan baik, karena melalui gagasan tersebut diartikan bahwa ada perhatian serius dari pemerintah, termasuk dari PKK dalam memberdayakan para ibu-ibu, selaku penggerak yang punya hobi bercocok tanam di pekarangan.

“Dalam menjalankan Gerakan Sepda Serai ini, warga yang tidak punya serai akan kita kasi bibit, sehingga dapat ditanam di setiap rumah. Setelah pencanangan kemarin, maka akan kita datangi setiap rumah warga di Kelurahan Harjosari dan diberikan bibit,” ungkap Said.

Tingkat efektifitas dari penanaman serai menurut Said sangat ampuh mengusir nyamuk, karena melihat dari pengalaman warga di Kelurahan Harjosari, yang sudah menerapkan menanam serai sebelum adanya Gerakan Sepeda Serai, sehingga nyamuk di lingkungan rumah pun mulai berkurang.

“Seperti contoh di Kampung Toga Kampung Harapan, disitu sebelumnya banyak nyamuk kemudian ditanam serai, ternyata mampu mengusir nyamuk, bahkan hampir tidak ada nyamuknya. Selain itu, tentu tanaman ini memiliki nilai ekonomis serta bisa menjadi obat berupa jamu dan sebagainya, sehingga masyarakat punya penghasilan tambahan,” ujar Said lagi.

Tidak hanya untuk menekan DBD, menanam serai juga sebagai upaya Kelurahan Harjosari dalam menekan angka stunting. Karena wilayah tersebut merupakan peringkat kedua tertinggi se Kecamatan Tebing.

Foto bersama usai pencanangan Gerakan Sepeda Serai, Kamis (15/9/2022)

“Artinya, dalam satu tindakan Gerakan Sepeda Serai ini, menangani dua masalah dalam satu solusi. Maka dari itu saya juga berterimakasih kepada TP PKK Kelurahan Harjosari yang diketuai oleh Ny Aisha Said beserta jajarannya, yang memberdayakan ibu-ibu dan tentunya ini berdampak juga kepada masyarakat, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih,” terangnya.

Dia berharap, melalui Gerakan Sepeda Serai dapat menekan angka DBD. Sehingga setelah kegiatan secara simbolis tersebut dicanangkan, nantinya akan ada tindaklanjut yang dilakukan pihak Kelurahan, dengan melakukan pemantauan atau pengawasan bagi seluruh rumah masyarakat, guna memastikan ada tanaman serai di setiap pekarangan.

“Meskipun upaya pencegahan yang kami lakukan dalam bentuk penanaman serai, tentu tindakan berupa fooging dan lainnya pasti tetap ada. Ini hanya sebagai pendukung dan salah satu langkah efektif untuk masyarakat,” ungkap
Said.

Dalam kesempatan itu Said juga menjelaskan respon dari Ketua TP PKK Kabupaten Karimun, Raja Asmah Aunur Rafiq atas Gerakan Sepeda Serai yang telah dicanangkan, agar dapat dikembangkan dan diikuti oleh seluruh masyarakat.

“Bahkan menurut Ketua TP PKK Kabupaten Karimun, Ibu Raja Asmah, bahwa gerakan menanam serai ini sangat bagus. Kalau bisa kedepannya harus ditambah dan diperbanyak di semua pekarangan rumah. Tentunya tidak hanya serai, tapi juga lavender dan tanaman lainnya yang mampu mengusir nyamuk. Agar angka DBD dapat kita tekan semaksimal mungkin,” jelas Said menirukan ucapan Ketua TP PKK Kabupaten Karimun, Raja Asmah Aunur Rafiq.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close