KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Jam Besuk Tatap Muka Keluarga Tahanan di Rutan Karimun Kembali Dibuka

RADIOAZAM.ID – Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun mulai membuka jam besuk warga binaan secara tatap muka, dimulai sejak 4 Juli 2022.

Sejak dibuka kembali besuk secara tatap muka bagi para keluarga tahanan di Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, terdapat 39 orang warga binaan yang dapat kembali bertemu bertatap muka dengan sanak keluarganya meski hanya sekejap, karena dibatasi oleh jam tertentu.

Kepala Kesatuan Keamanan Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Yongki Yastinanda mengatakan, dibukanya besuk secara tatap muka bagi para warga binaan, setelah keluarnya Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan nomor PAS-12.H.H.01.02 tahun 2022, tentang penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka, di Rutan dan Lapas seluruh Indonesia.

“Hari ini kembali dibuka besuk secara tatap muka, dan ada 39 orang keluarga dari narapidana yang dapat bertemu setelah dua tahun besuk secara langsung ditiadakan, karena pandemi Covid-19 waktu itu,” ujar Yongki, Senin (4/7/2022).

Hanya saja kata dia, jam besuk secara tatap muka masih dibatasi, serta beberapa aturan yang ketat tentunya. Diantaranya, setiap warga binaan hanya diperbolehkan menerima kunjungan besuk sebanyak satu kali seminggu pada jam kerja.

“Selain itu kunjungan keluarga bagi warga binaan baru dibuka mulai pukul 08.30 WIB, sampai pukul 11.30 WIB dan hari berkunjung juga hanya ditentukan setiap Senin, Rabu dan Sabtu. Dengan durasi besuk hanya 15 menit,” ungkapnya.

Sedangkan sayarat bagi para pembesuk di Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, wajib telah divaksin booster atau dosis tiga, dengan menyertakan bukti vaksinasi melalui aplikasi Peduli Lindungi atau sertifikat vaksin booster.

Untuk pembesuk yang belum vaksin booster, maka harus dilakukan Swab terlebih dahulu atau antigen, serta surat keterangan tidak bisa menerima vaksin karena alasan kesehatan.

“Walaupun jam besuk secara tatap muka sudah dimulai hari ini, tapi kami Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun, masih tetap membuka besuk secara online atau video call bagi para warga binaan,” kata Yongki lagi.

Dengan jadwal yang sudah ditentukan, yakni untuk besuk secara video call dapat dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis, mulai pukul 14.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB. Dan hari Jumat mulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 11.30 WIB.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close