KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Jumlah Penumpang Turun Drastis Saat Libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun

138 Kapal Yang Disiagakan Hanya Terpakai Beberapa Armada

RADIOAZAM.ID – Jumlah penumpang kapal yang naik maupun turun dari Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, sepanjang liburan Natal dan Tahun baru 2021 dinyatakan menurun jika dibanding dengan natal 2019 dan tahun baru 2020 lalu.

Angka penurunan untuk penumpang naik mencapai 52,67 persen, begitupun jumlah penumpang yang turun dari Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun mengalami penurunan sebesar 56,59 persen. Sehingga secara keseluruhan total penurunan sebesar 54,65 persen.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun, Capt Barlet Silalahi mengatakan, penurunan angka penumpang di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun memang telah diprediksi sebelum masuknya perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021.

Namun prediksi yang dilakukan pun tidak begitu besar, dan hanya berkisar antara 15 persen hingga 20 persen. Tapi ternyata masih jauh dari kondisi yang terjadi.

“Prediksi kami waktu itu berkisar 15 sampai 20 persen karena mengingat masih kondisi pandemi Covid-19, tapi ternyata presentasinya sangat tinggi hingga mencapai 54,65 persen, atau setengah lebih sedikit dari jumlah tahun sebelumnya. Bahkan dari 138 armada yang sudah disiagakan ternyata banyak yang tidak terpakai,” jelas Barlet saat menutup Posko Pengamanan Angkutan Laut pada Perayaan Natal dan Tahun Baru, Jumat pagi (8/1).

Penumpang terpadat masih didominasi untuk keberangkatan atau kedatangan dari Kota Batam dan tujuan Kota Batam, disusul terbanyak kedua tujuan dan dari Selat Panjang-Provinsi Riau, serta dari dan tujuan Meranti Provinsi Riau.

Dirincikannya, total penumpang naik dan turun dari atau tujuan Pelabuhan Sekupang-Batam sebanyak 24.027 orang. Kemudian penumpang naik dan turun dari atau ke Pelabuhan Harbourbay-Batam tercatat sebanyak 8.420 orang.

Selain itu, total penumpang naik dan turun tujuan atau dari pelabuhan Selatpanjang-Provinsi Riau tercatat sebanyak 10.167 orang.

Selama arus liburan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, situasi Pelabuhan Tanjungbalai Karimun dalam kondisi aman dan lancar, dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Penerapan protokol kesehatan yang ketat tetap diberlakukan sepanjang perayaan Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun,” pungkasnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close