KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Kabupaten Karimun Diyakini Telah Siap Buka Jalur Pelayaran Internasional, Hasil Rapat Koordinasi Dengan Pihak Terkait

RADIOAZAM.ID – Kabupaten Karimun dipastikan sangat siap jika pelayaran internasional dibuka, sebagaimana koordinasi antara Bupati Karimun Aunur Rafiq dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, yang menghasilkan kabar gembira bahwa Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun akan kembali beroperasi per tanggal 1 April 2022.

Kesiapan itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, M Firmansyah, dalam rapat koordinasi membahaskesiapan dibukanya kembali Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun bagi Pelaku perjalanan LUar Negeri (PPLN), Senin (28/3/2022), di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun.

“Kabupaten Karimun sangat siap untuk kembali membuka jalur pelayaran internasional bagi PPLN. Segala kesiapan sudah dilakukan, untuk kelancaran bagi PPLN,” kata Firmansyah.

Kata Firmansyah, beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pemerintah daerah sudah dilakukan, seperti bagaimana mendukung pelayanan prima bagi PPLN, di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun.

Dari hasil rapat koordinasi tersebut, menghasilkan beberapa permintaan dan usulan, diantaranya adalah pemerintah daerah diminta menyiapkan tempat pengambilan tes PCR bagi PPLN.

Dalam prosedurnya nanti, PPLN hanya diperbolehkan berada di dalam kawasan pelabuhan, jika hasil tes PCR belum keluar.

“PPLN dipastikan akan tetap berada di kawasan Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun dalam menunggu hasil PCR. Pengawasan ketat oleh petugas akan dilakukan, sehingga mereka yang akan berangkat keluar negeri tidak dibenarkan keluar dari areal atau tempat yang telah ditentukan untuk menunggu,” ujar Firmansyah lagi.

Jika hasil PCR didapati positif Covid-19, maka pemerintah Kabupaten Karimun telah menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani, sebagai tempat rujukan untuk penanganan bagi PPLN.

Dalam rapat koordinasi tersebut dihadiri para instansi dan pihak terkait, seperti Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Pelindo Tanjungbalai Karimun, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun, Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Polsek Kawasan Pelabuhan Polres Karimun, manageman RSUD Muhammad Sani Karimun, Indonesia National Shipowner Association (INSA) Karimun, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karimun dan Klinik Medilab Karimun.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close