KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Kapal Pengusaha Asal Karimun Terbakar Saat Pulang Dari Malaysia, Nakhoda Meninggal Dunia dan 17 ABK Selamat

RADIOAZAM.ID – Kapal KM Bintang Surya milik salah seorang pengusaha di Karimun terbakar di Perairan Pulau Nipah, pada Minggu pagi (12/6/2022) sekitar pukul 07.15 WIB. Salah seorang kru kapal bernama Abdul Jamal sebagai nakhoda meninggal dunia, dan 17 anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan.

Kapal tersebut diketahui baru berangkat dari Pulau Pulong Malaysia (sebelumnya dikabarkan dari Singapura) dan akan pulang ke Karimun. Pada saat kebakaran terjadi tepatnya di titik koordinat 01 06 32 U – 103 36 24 T, ada kapal nelayan yang melintas dan melakukan evakuasi terhadap para awak kapal, dengan dibantu oleh TB Maya Harbour dan KRI LDG-632.

“KM Bintang Surya yang terbakar di Perairan Pulau Nipah berangkat dari Singapura tujuan Karimun, dengan membawa barang muatan berisi asbes dan drum plastik,” ujar Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Joko Santosa.

Korban meninggal dunia yang merupakan nakoda kapal, merupakan orang terakhir yang keluar saat proses evakuasi korban kebakaran kapal dilakukan.

“Satu orang meninggal dunia yang merupakan nakhora, dan 17 orang lainnya berhasil diselamatkan,” tambah Joko.

Menjelang proses evakuasi dilakukan, korban sempat mengirimkan broadcas pemberitahuan dan meminta pertolongan. Kemudian korban sempat lemas karena asap tebal, bahkan sempat menyelamatkan diri namun tetap jadi korban kebakaran dan meninggal dunia.

“Korban merupakan orang yang paling terakhir keluar dari kapal saat akan dievakuasi, dan sempat mengirim broadcase,” ungkap Joko.

Dari kebakaran itu, KM Bintang Surya dinyatakan habis dilalap api lalu tenggelam kedasar laut di Perairan Pulau Nipah.

Menurutnya, kobaran api berasal dari bagian palka, kemudian menghanguskan seisi kapal yang membawa berbagai macam barang muatan campuran, yang berangkat dari Pulau Pulong Malaysia.

“Lokasi terbakarnya sekira 40 mil dari utara Pulau Nipah,” terangnya.

Korban meninggal dunia atas nama Abdul Jamal akan diserahkan kepada pihak keluarga, yang berada di Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close