KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Kapal Penumpang KM Kelud Tujuan Belawan Medan dan Jakarta Kembali Berlayar

Ini Syarat Yang Wajib Dipenuhi Calon Penumpang

RADIOAZAM.ID – Kapal KM Kelud milik PT Pelni kembali layani pelayaran, setelah beberapa waktu sempat terhenti akibat wabah Covid 19.

Dalam waktu dekat ini, pelayaran tujuan Tanjungbalai Karimun-Belawan Medan sudah dijadwalkan keberangkatan pada Minggu siang (26/7) pukul 14.00 WIB. Selain itu keberangkatan dari Tanjungbalai Karimun tujuan Batam-Tanjung Priok Jakarta, dijadwalkan pada Rabu pagi (29/7) pukul 09.00 WIB.

Kepala Cabang PT Pelni Tanjungbalai Karimun, Yusuf menjelaskan, berbagai persyaratan wajib dipenuhi oleh calon penumpang, sebelum mengikuti pelayaran menggunakan KM Kelud.

Syarat yang dimkasud antara lain, calon penumpang diwajibkan mengenakan masker selama pelayaran, mengantongi surat hasil rapid test yang menyatakan non reaktif Covid-19, Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), mendownload dan mengisi data pada aplikasi E-hac, dengan jumlah maksimal untuk satu keluarga sebanyak 10 orang.

“Calon penumpang dapat melakukan pemeriksaan dirumah sakit atau klinik kesehatan, untuk mendapatkan surat keterangan hasil rapid test. Sementara kami pihak PT Pelni tidak menyediakan fasilitas pemeriksaan itu,” jelas Yusuf, Rabu (15/7).

Selain itu, para calon penumpang diwajibkan membuat surat pernyataan, agar bersedia tidak diberangkatkan jika suhu tubuh mencapai 38 derajat.

Menurut Yusuf, tujuan dari kewajiban membuat surat penyataan tersebut adalah, ketika membeli tiket kondisi tubuhnya sehat, namun saat hari keberangkatan ternyata suhu tubuhnya mencapai 38 derajat. Maka tidak akan diberangkatkan dan telah disepakati sebelumnya menggunakan surat pernyataan.

“Tujuan dari surat pernyataan ini adalah, agar tidak terjadi polemik atau tidak terjadi permasalahan, makanya diminta membuat surat pernyataan agar sama-sama enak. Kita juga tetap berkoordinasi dengan tim gugus tugas percepatan dan penanganan Covid-19,” ungkap Yusuf lagi.

Sedangkan ketersediaan tiket KM Kelud, hanya bisa didapatkan pada loket penjualan di Kantor Cabang PT Pelni, yang berlokasi di Sungai Ayam Kecamatan Tebing.

“Tiket KM Kelud tidak bisa diperoleh melalui online, termasuk juga di agen travel sudah tidak diizinkan menjualnya. Hanya tersedia dan bisa didapat di Kantor Cabang PT Pelni Tanjungbalai Karimun,” terangnya.

Sedangkan waktu penjualan tiket, baru bisa dibuka sekitar seminggu sebelum keberangkatan. Dengan kata lain, jika jadwal keberangkatan kapal KM Kelud pada 26 Juli, maka baru bisa diperoleh sekitar 19 Juli. Begitu seterusnya untuk jadwal keberangaktan berikutnya.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close