KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Kapolres Karimun Sebar Himbauan Cegah Banjir, Pasca Hujan Deras dan Sejumlah Titik Terndam di Pulau Karimun

RADIOAZAM.ID – Memasuki musim penghujan, membuat Pulau Karimun besar dikepung banjir dan merendam fasilitas umum maupun rumah-rumah penduduk pada Sabtu kemarin (25/6/2022).

Dalam hal ini, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano kemudian membuat selebaran himbauan bagi masyarakat, bertujuan untuk mencegah atau mengantisipasi musibah banjir kembali terjadi.

“Menjelang hari Bhayangkara ini, kami sampaikan beberapa poin penting berupa himbauan dalam mencegah banjir. Karena dalam dua hari ini Kabupaten Karimun dan sekitarnya diguyur hujan deras, berdampak pada banjir di sejumlah titik. Sehingga perlunya himbauan agar masyarakat dapat mengingatnya dan menjalankan apa yang kami sampaikan,” ungkap Tony, Minggu (26/6/2022).

Himbauan itu pun telah disebar kepada masyarakat pada Sabtu kemarin (25/6/2022), yang didalamnya mencakup tiga poin penting. Diantaranya adalah, masyarakat dihimbau untuk menjaga lingkungan sekitarnya.

“Jangan jadikan selokan atau saluran air sebagai tempat pembuangan sampah, buanglah sampah pada tempatnya,” kata Tony lagi.

Kemudian, dia mengingatkan masyarakat agar membersihkan parit atau saluran air secara berkala, agar tidak tersumbat.

Selain itu menurut Tony, masyarakat harus melakukan program tebang pilih dan reboisasi, dalam hal ini diminta untuk melakukan penanaman bibit pohon baru, jika selesai menebang pohon bertujuan untuk regenerasi atau menjaga keseimbangan alam.

“Masalah bencana banjir hingga saat ini masih belum sepenuhnya bisa di atasi, untuk itu diperlukan kesadaran bersama, khususnya masyarakat Kabupaten Karimun untuk menanggulangi banjir secara preventif,” pungkas Tony.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close