Breaking News

Kajari Karimun Resmikan Rumah RJ Baharuddin Lopa di Kecamatan Meral

0 0

RADIOAZAM.ID – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjungbalai Karimun, Firdaus kembali meresmikan Rumah Restorative Justice (Rumah RJ) Baharuddin Lopa yang ketiga, Senin (2/1/2023).

Kali ini Rumah RJ Baharuddin Lopa yang diresmikan berlokasi di Kelurahan Sungai Raya Kecamatan Meral. Yang akan berfungsi sebagai balai perdamaian adhyaksa di Kecamatan Meral.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjungbalai Karimun, Firdaus mengatakan, dengan telah diresmikannya Balai Perdamaian Baharuddin Lopa di Kelurahan Sungai Raya Kecamatan Meral, agar bisa dimanfaatkan oleh sejawat atau komponen-komponen masyarakatnya

“Semoga masyarakat disini bisa memanfaatkan Rumah RJ Baharuddin Lopa yang baru kita resmikan. Dengan harapan sehingga untuk hal-hal kecil atau perkara sepele, bisa diselesaikan tanpa naik ke persidangan,” ujar Firdaus.

Setelah selesai di seluruh Kecamatan untuk Pulau Karimun besar, Firdaus berencana akan bergesar ke wilayah hinterland, yakni di Kecamatan Kundur dan Kecamatan Moro.

“Sehingga tahun ini kami targetkan di semua wilayah Kabupaten Karimun yang terdiri dari 14 Kecamatan, bisa diselesaikan untuk Rumah RJ,” katanya.

Sedangkan tujuan ahkir dari Rumah RJ adalah, untuk memberikan kenyamanan dan solusi kepada masyarakat, agar hal-hal kecil yang bisa diselesaikan dengan cara berdamai, diselesaikan di Rumah RJ. Sehingga tidak perlu naik ke persidangan atau pengadilan.

Firdaus menjelaskan, untuk tahun 2022 lalu ada tiga kasus yang ditangani dalam proses Rumah RJ, diantaranya ada kasus pemukulan atau penganiayaan dan kasus pencurian.

Sedangkan tahun 2023 ini ada satu kasus yang sedang diupayakan Kejari Tanjungbalai Karimun untuk di proses dengan Rumah RJ, yang ditargetkan selesai pada Januari tahun ini.

“Memang untuk RJ ini ada syarat dan ketentuan, jadi tidak semua perkara bisa di RJ kan. Misalnya ancamannya dibawah 5 tahun, kemudian ada perdamaian. Jadi memang kepentingan korban sangat diperhatikan dalam hal ini,” ungkap Firdaus.

Sementara itu, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, Pemerintah Kabupaten Karimun bersama masyarakat sangat menyambut baik, atas program-program yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) melalui Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun.

“Sebagaimana yang telah disampaikan Kajari tadi, bahwa kita di Karimun ini sudah ada tiga Kecamatan yang diresmikan Rumah RJ, ini akan terus berlanjut tentunya,” sebut Anwar Hasyim.

Dengan demikian menurut Anwar Hasyim, Kejaksaan memiliki kepedulian terhadap layanan hukum bagi masyarakat, apa bila ada hal-hal yang bisa diberikan kemudahan didalam kegiatan hukum, tanpa ada mengurangi mekanismenya, maka itulah solusi yang akan diambil melalui Rumah RJ.

“Dengan niat baik ini tentu masyarakat juga harus sadar, bahwa apa-apa yang jadi program pemerintah dalam hal ini melalui Kejari, semuanya adalah bentuk pelayanan yang memberikan kenyamanan terhadap masyarakat Kabupaten Karimun,” pesannya.

Pemerintah kata Anwar Hasyim, tentunya sangat mendukung atas program-program tersebut. Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat Kabupaten Karimun dapat terwujud.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *