Breaking News

Keluarga Besar NU Karimun Ziarah ke Makam Keturunan Rasulullah di Kecamatan Buru

0 0

RADIOAZAM.ID – Keluarga besar Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Karimun dengan beberapa badan otonom (banom), menggelar ziarah ke makam keturunan Nabi Muhammad SAW, tepatnya makam Sayid Umar bin Sayid Salim Al Attas, yang berlokasi di Kampung Ujung Gersik Pulau Buru Kecamatan Buru, Jumat (30/10).

Saat berkunjung ke makam tersebut, rombongan juga menyempatkan diri bersilaturahmi dengan keturunan cucu dan cicit dari Sayid Umar bin Sayid Salim Al Attas. Masih tampak raut wajah atau perawakan dari keturunan mereka merupakan orang Arab, tapi lahir di Kecamatan Buru.

Hidung mancung, bola mata yang hampir biru keputih-putihan, namun postur tubuh yang sedikit kecil jika dibanding dengan warga Arab asli yang lahir di timur tengah.

Ketua Muslimat Nahdatul Ulama (Muslimat NU) Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, Sayid Umar bin Sayid Salim Al Attas merupakan ulama sang penyebar agama Islam pertama kali di Pulau Buru, tepatnya pada abad ke 15, tahun 1468-1531.

“Hari ini kami sama-sama dengan keluarga besar NU Kabupaten Karimun dapat melangkahkan kaki menuju Kecamatan Buru, disini ada makam keturunan Rasulullah. Kita sangat bersyukur sekali di Kabupaten Karimun ada makam ulama yang mesti kita ziarahi,” kata Nyimas Novi.

Dikatakan Nyimas Novi, selama ini masyarakat tentu selalu ingin hadir berziarah ke makam-makam para ulama, terutama makam keturunan Nabi Muhammad SAW, tapi masih bingung belum ada petunjuk dan informasi untuk lokasi terdekat. Namun ternyata di Kabupaten Karimun pun ada dan dapat diziarahi.

Keberadaan makam Sayid Umar bin Sayid Salim Al Attas, diharapkan akan menjadi informasi bagi masyarakat yang ingin berziarah.

“Kedatangan rombongan keluarga besar NU Kabupaten Karimun kesini, berharap agar Allah memberikan keselamatan bagi kita semua. Melalui ziarah ini kami bermunajat dan memohon kepada Allah segala apa yang terbaik. Kegiatan ini juga hendaknya dapat menjadi acuan bagi masyarakat, dimana kita disunnahkan bertawashul menziarahi makam ulama,” terangnya.

Cucu cicit Sayid Umar bin Sayid Salim Al Attas sang penyebar Islam pertama di Pulau Buru, mereka merupakan warga perawakan Arab penduduk Kecamatan Buru

Ziarah tersebut dilakukan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW, dan memperingati hari santri, rombongan membacakan Al-Qruan dan dzikir bersama. Para keluarga besar NU Kabupaten Karimun yang turut serta dalam ziarah tersebut diantaranya pengurus NU Kabupaten Karimun, Muslimat NU, Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Kabupaten Karimun, keluarga besar Partai Kebangkitan Banga (PKB) Kabupaten Karimun, Perempuan Bangsa Kabupaten Karimun, Fatayat Kabupaten Karimun, Garda Bangsa Kabupaten Karimun.

Dalam kunjungan ke makam keturungan Rasulullah, yakni Sayid Umar bin Sayid Salim Al Attas, rombogan disambut oleh sang cucu bernama Sayid Sofi (33), serta sang menantu bernama Sayid Abdul Haris bin Sahmin Al Idrus. Mereka merupakan silsilah atau garis keturunan, yang memang tinggal disektiaran makam tersebut.

Dikatakan Sayid Sofi, warga dari negara tetangga, Malaysia juga kerap berziarah ke makam Sayid Umar bin Sayid Salim Al Attas, terkadang setiap bulan sekali pasti ada saja yang datang. Mereka memang mengatahui keberadaan makam Sayid Umar bin Sayid Salim Al Attas, berkat informasi dari keluarga yang masih kerutunan dari makam tersebut.

“Sekarang masih pandemo Covid-19, jadi sudah hampir setahun tidak ada yang datang, cuma kunjungan lokal saja dari kita warga Kabupaten Karimun,” ujarnya.

Saat ini, yang masih tersisa ada delapan Kepala Keluarga (KK), yang merupakan cucu dan cicit dari keturunan Sayid Umar bin Sayid Salim Al Attas. Diantaranya Sayid Abdurrahman, Syarifa Maryam, Syarifa Aminah, Syarifa Syifa, Sayid Syeh, Sayid Mahdar, Sayid Jafar, Syarifa Salma.

“Kedelapannya ini semua menetap di Kecamatan Buru, lalu satu diantaranya tinggal di Desa Tanjungbatu Kecil Kecamatan Buru,” pungkasnya.(agn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *