KARIMUNSEPUTAR KEPRITERKINI

Kementerian Bakal Verifikasi Pemkab Karimun Soal Keberpihakan Kepada Gender, Untuk Penerima Penghargaan APE

RADIOAZAM.ID – Kabupaten Karimun kini tengah mempersiapkan segala keperluan, untuk menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020, yang diawali dengan verifikasi oleh kementerian dan akan dilaksanakan pada 30 Maret mendatang.

Verifikasi diperlukan guna mengecek kebenaran atas keberpihakan dan kepedulian Pemkab Karimun melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, mengenai gender dalam hal fasilitas atau infrastruktur yang dibangun, sudah memenuhi standar atau tidak.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rosmawati melalui Kasi Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan, Kyusu Marina menjelaskan, penghargaan yang akan diberikan adalah sebagai maksud bahwa daerah sudah berkomitmen dalam upaya Pengarusutamaan Gender (PUG).

Kabupaten Karimun, telah tiga kali berturut-turut mendapatkan penghargaan APE sejak tahun 2014 yang diterima dua tahun sekali. Lalu dilanjutkan tahun 2016 dan tahun 2018. Sehingga saat ini adalah kali kempat penghargaan akan diterima untuk tahun 2020 dan baru dapat dilakukan proses dan tahapannya tahun 2021.

“Penghargaan APE ini diberikan oleh Kementerian dua tahun sekali dan harusnya tahun 2020 kemarin sudah diterima, namun karena Covid sehingga ditunda jadi tahun 2021 ini. Ada tujuh indikator penilaian yang wajib dipenuhi dan harus diisi, lalu nanti di verifikasi terlebih dahulu oleh pusat, jika memenuhi kriteria dan layak, maka barulah penghargaan itu diberikan,” kata Rina, Rabu (24/3).

Adapun kriteria penilaian dalam melakukan verifikasi nantinya antara lain, komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumberdaya manusia dan anggaran, data sistem informasi dan KIE, pedoman dan metode alat ukur melalui Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS).

Dalam melakukan verifikasi, dilakukan dengan formula khusus dari Kementerian, seperti misalnya kenapa Indeks Pengarusutamaan Gender (IPG) turun, disebabkan oleh Covid dan sebagainya. Dalam hal ini IPG merupakan poin penilaian ekonomi perempuan. Yang kondisinya misalnya masih rendah, bukan karena mereka tidak berdaya, melainkan memang tidak tercatat. Di KTP tertulis ibu rumah tangga tapi kesehariannya adalah berjualan.

Tak kalah pentingnya adalah, peran serta masyarakat termasuk LSM dan insan pers. Dicontohkannya, dalam kegiatan persiapan tersebut dilakukan publikasi melalui media massa.

“Kita tidak bisa pungkiri bahwa pers atau itu lah yang membangun informasi kepada masyarakat. Supaya sadar dan melakukan apa yang kita bangun bersama-sama. Istilahnya adalah, pers itu perpanjangan tangan dari kami, untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Bahwa gender itu seperti ini, kegiatannya begini dan Karimun sudah melakukannya lalu disebar luaskan melalui pemberitaan,” ungkapnya.

Adapun persiapan yang telah dilakukan dalam rencana verifikasi dari Kementerian antara lain, melakukan sinkroniasasi data dengan semua pihak yang terlibat mulai dari para OPD terkait, masyarakat dan sebagainya. Sehingga saat ditanya, maka akan tampak kompak jika jawaban yang diberikan tidak ada yang berbeda.

Hanya saja, sebagai penanggungjawab Pokja kegiatan tersebut adalah Baperlitbang Kabupaten Karimun, dengan melibatkan BPKAD, Dinas Dalduk, KB PPPA, dan Inspektorat.

“Sesuai dengan Juknisnya dari Kementerian sampai ke Provinsi itu Pokjanya adalah Baperlitbang, karena gender ini berangkat dari program perencanaan reponsive gender. Artinya, sebelum kami laksanakan harus direncanakan dulu. Yang kedua adalah BPKAD, apakah uangnya tersedia untuk gender, kalau tersedia baru kami sebagai penyelenggara. Keempat adalah Inspektorat dalam hal ini pengawasan,” jelasnya.

Rencana verifikasi oleh Kementerian akan dilakukan secara daring, Pemkab Karimun dalam hal ini empat OPD terkait akan dikumpulkan dalam satu ruangan, tepatnya di Gedung Nasional dan akan dibuka oleh Kementerian, lalu sambutan dari Bupati Karimun dan pemaparan dari Ketua Pokja PUG, Junaidi selaku Kepala Baperlitbang Kabupaten Karimun.(agn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close